Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Produk yang Mengandung Plastik selain Kantong Kresek

Gaya hidup tanpa plastik sedang digaungkan saat ini. Sejak tanggal 1 Maret, minimarket di Indonesia tidak lagi menyediakan kantong plastik

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Produk yang Mengandung Plastik selain Kantong Kresek
Tribun Bali/Rizal Fanany
(ilustrasi) Sejumlah pemulung memungut sampah plastik di Pantai Kedonganan, Badung, Sabtu (26/1). Sampah musiman ini memberi keuntungan bagi pemulung yang bisa mengumpulkan sampah plastik 70 kilo per hari 

TRIBUN-BALI.COM - Gaya hidup tanpa plastik sedang digaungkan saat ini. Sejak tanggal 1 Maret, minimarket di Indonesia tidak lagi menyediakan kantong plastik secara gratis demi mengurangi sampah plastik.

Bahkan, pertunjukan musik Java Jazz Festival yang berlangsung di Jakarta awal Maret lalu juga dijadakan ajang kampanye untuk mengurangi sampah plastik.

Kampanye bertajuk "Sayangi Bumi" itu mengimbau kelompok milenial mengganti produk minuman berbahan plastik dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Tak hanya di Indonesia, gaya hidup tanpa plastik ini juga gencar disuarakan masyarakat di dunia.

Baca: Lahir Sabtu Pon Matal, Disebut Cakap dalam Bekerja, Begini Perjalanan Hidupnya

Baca: Sindrom Patah Hati Ternyata Memiliki Gejala yang Mirip dengan Serangan Jantung, Seperti Sesak Napas

Dalam ajang Festival Glastonbury yang berlangsung di Inggris pada minggu lalu, misalnya, penyelenggara melarang penjualan botol sekali pakai untuk pertama kalinya dalam 49 tahun sejarahnya.

Selanjutnya, pada bulan Januari, skema daur ulang lensa kontak bebas plastik pertama diluncurkan di Inggris dalam upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari limbah plastik.

Menurut penelitian baru, saluran air Inggris dipenuhi dengan polusi plastik, dengan jumlah hingga 1.000 mikroplastik atau potongan kecil plastik - ditemukan per liter di sungai yang tercemar.

Dr Christian Dunn, seorang peneliti lahan basah di Bangor University yang melakukan penelitian ini, mengatakan plastik mikro harus dianggap sebagai kontaminan serius yang muncul, sama seperti limbah farmasi dan pestisida.

Hidup tanpa plastik memang bukan hal mudah, karena kita begiru dekat dengan plastik. Mulai dari tas kresek, sedotan, botol dan gelas minuman, kemasan makanan, semuanya dari plastik.

Karenanya butuh komitmen dan kedisiplinan yang tinggi untuk mengurangi pemakaian plastik agar bumi menjadi tempat yang lebih sehat dan bersih.

Baca: Ramalan Zodiak Sabtu 9 Maret 2019, Hari Penentuan Buat Taurus, Scorpio Harus Segera Berinvestasi

Baca: Operasi Plastik dan Transfer Lemak Seperti Roy Kiyoshi Ternyata Punya Berbagai Risiko, lho

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved