Prioritas Penanganan Rabies di 3 Zona Merah, Gelontorkan Rp 23 M Menuju Bali Bebas Rabies 2020

Pemerintah menggelontorakan Rp 23 miliar untuk merealisasikan program Bali Bebas Rabies 2020.

Prioritas Penanganan Rabies di 3 Zona Merah, Gelontorkan Rp 23 M Menuju Bali Bebas Rabies 2020
Tribun Bali/eurazmi
Tim Pengendali Rabies di Banjar Tatakan, Sukawati saat melakukan penyisiran dan vaksinasi terhadap HPR di wilayah banjarnya, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah menggelontorakan Rp 23 miliar untuk merealisasikan program Bali Bebas Rabies 2020.

Sebanyak 500 ribu lebih dosis vaksin anti rabies (VAR) disiapkan dan sudah harus tuntas dalam waktu 30 hari. Tiga kabupaten yang masuk zona merah rabies jadi prioritas.

Kepala Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, I Wayan Mardiana mengatakan, komitmen ini kembali mengingat kasus rabies di Bali masih saja ditemukan. Tentu upaya vaksinasi harus kembali digencarkan.

Dalam 30 hari ke depan, seluruh tim beserta logistik VAR yang mencapai setengah juta dosis itu sudah harus tuntas.

''Dengan estimasi populasi anjing mencapai 630 ribu ekor, minimal 95 persen sudah harus dapat vaksin tanpa harus melakukan eliminasi,'' ungkapnya, Jumat (15/3/2019).

Anggaran yang digunakan rinciannya Rp 18 miliar dari APBN dan Rp 5 miliar dari APBD Provinsi Bali.

Gerakan ini, kata Mardiana, akan dimulai pada 18 Maret 2019 secara serentak terutama di tiga zona merah yakni di Karangasem, Buleleng, dan Bangli.

Sebelumnya, pihaknya menyediakan waktu selama 30 bulan dalam mendistribusikan VAR ini.

''Upaya memutus rantai rabies di Bali ini mulai kami mantapkan yang sebelumnya butuh waktu hingga tiga bulan, sekarang sudah harus tuntas dalam waktu 30 hari,'' jelasnya.

Ia mengakui hingga saat ini tingkat pengendalian rabies masih berkisar di angka mencapai 83.32 persen atau realisasi sebanyak 495.747 dosis. Meski demikian, kasus rabies masih saja dijumpai.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved