Pemilu 2019

Jika Menemukan Pelanggaran Pemilu 2019, Hubungi Bawaslu di Nomor Ini

Bawaslu mengajak masyarakat melaporkan jika menemukan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Denpasa

Jika Menemukan Pelanggaran Pemilu 2019, Hubungi Bawaslu di Nomor Ini
TRIBUN BALI/RIZAL FANANY
Mahasiswa Warmadewa melakukan sosialisasi pemilu 2019 secara door to door ke rumah warga di kawasan Dangin Puri, Denpasar,Rabu (10/4/2019). Sosialisasi Pemilu ini bertujuan mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menggunakan hak pilih. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Saat ini di beberapa sudut Kota Denpasar masih ada beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) yang belum diturunkan atau dilepas.

Padahal sejak Minggu (14/4/2019) kemarin sudah memasuki masa tenang.

Bawaslu mengajak masyarakat melaporkan jika menemukan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Denpasar.

Ketua Bawaslu Kota Denpasar, Putu Arnata saat diwawancarai dalam acara Koordinasi Keamanan Menjelang Pemilu 2019 di Kantor Wali Kota Denpasar mengatakan H-1 pelaksanaan pemilu, semua APK sudah bersih.

"Saat ini kami bersama Satpol PP tengah melakukan penyisiran dan penurunan. Target H-1 semua APK sudah bersih sehingga tak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Arnata, Senin (15/4/2019).

Baca: Harga Cabai Naik hingga Rp 3 Ribu, Berikut Update Daftar Harga Bahan Pokok Hari Ini

Baca: Launching E-Retribusi Pasar, BI Gencarkan Transaksi Non Tunai

Ia juga mengimbau kepada semua camat agar pihak Trantib yang ada di wilayah kecamatan ikut turun melakukan pembersihan APK.

"Kami minta ke para camat agar Trantib di kecamatan juga digerakkan. Dan jika menemukan ada APK bisa dilaporkan agar nantinya bisa dibersihkan oleh petugas," katanya.

Koordinasi Keamanan Menjelang Pemilu 2019 di Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (15/4/2019).
Koordinasi Keamanan Menjelang Pemilu 2019 di Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (15/4/2019). (Tribun Bali/I Putu Supartika)

Jika seandainya saat pelaksanaan Pemilu 2019 yakni Rabu (17/4/2019), masih ditemukan APK maka KPPS di wilayah tersebut wajib menurunkannya.

"Kalau hari H masih ada APK dengan jarak 200 sampai 500 meter dari TPS, KPPS wajib menurunkannya, dan ia punya hak," katanya.

Baca: Kantor Pos Berusia 149 Tahun di Banyuwangi akan Dijadikan Wisata Heritage

Baca: Kangen Istri Jadi Alasan Jemmy Kabur dari Tahanan Polresta Denpasar, 2 Tembakan Akhiri Pelariannya

Selain itu, pihaknya juga mengatakan telah menciduk salah seorang anggota KPPS yang kedapatan membagikan Formulir C6 yang berisi kartu nama caleg di wilayah Denpasar Barat.

Oknum tersebut pun dijatuhi sanksi pemberhentian sebagai anggota KPPS.

Untuk antisipasi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, Bawaslu meminta peran aktif masyarakat untuk menjaga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019.

Jika seandainya ada masyarakat yang menemukan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Denpasar agar melaporkan ke Bawaslu pada nomor 08113944031.

"Jika ada hal-hal yang tidak kita inginkan dalam pelaksanaan Pemilu ini silakan untuk melakukan pengaduan ke nomor 08113944031. Bawaslu Denpasar akan siap turun untuk menindaklanjuti laporan tersebut," katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved