Hasil Riset LD FEB UI Tahun 2018: GOJEK Sumbang Rp 1,9 Triliun ke Perekonomian Denpasar

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, memaparkan kontribusi mitra GOJEK kepada perekonomian Denpasar capai 1,9 triliun

Hasil Riset LD FEB UI Tahun 2018: GOJEK Sumbang Rp 1,9 Triliun ke Perekonomian Denpasar
Tribun Bali/Rizal Fanany
Dr. Paksi Walandouw, Wakil kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memaparkan hasil riset kontribusi mitra GOJEK kepada perekonomian Denpasar dalam Konferensi Pers Dampak Sosial Ekonomi Go-Jek Indonesia di Hotel Aston, Denpasar, Kamis (16/52019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR – Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan bahwa kontribusi mitra GOJEK kepada perekonomian Denpasar di tahun 2018 mencapai Rp 1,9 triliun. 

Perhitungan kontribusi ekonomi berasal dari selisih pendapatan mitra GOJEK dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di GOJEK.

Penelitian ini mencakup mitra dari empat layanan GOJEK, yaitu layanan roda-dua GO-RIDE, roda-empat GO- CAR, GO-FOOD, dan GO-LIFE.

Secara nasional, LD FEB UI mengungkapkan bahwa kontribusi mitra GOJEK ke perekonomian nasional mencapai Rp 44,2 triliun.

Hasil riset di Denpasar merupakan bagian dari riset yang bertajuk ‘Dampak GOJEK terhadap Perekonomian Indonesia pada Tahun 2018’ di 9 kota.

Baca: Denpasar Lakukan Gerak Godam, Apa Itu?

Baca: Pencairan Santunan Lansia di Denpasar Molor Lima Bulan

Studi serupa pada tahun 2017 menunjukkan kontribusi GOJEK dari dua layanan (roda dua dan UMKM) di Denpasar mencapai Rp 882 miliar.

Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw, dalam konferensi pers, menjelaskan, kontribusi yang semakin besar dari GOJEK menunjukkan bahwa teknologi mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya ke perekonomian daerah.

“GOJEK sebagai pemain utama industri teknologi di Indonesia telah menunjukkan bagaimana inovasi teknologinya dapat memperluas peluang penghasilan bagi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai latar belakangan pendidikan dan usia,” ungkap Dr. Paksi.

Adapun angka kontribusi ekonomi mitra GOJEK terhadap perekonomian Denpasar di tahun 2018:

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved