EKSEKUSI MATI DUO BALI NINE

Ini Bedanya Myuran dan Andrew Saat Menghadapi Regu Tembak

Menuju Lapangan tembak, saat di jalan yang gelap tanpa penerangan tersebut, Myuran sempat memanggil-manggil nama Andrew Chan.

Ini Bedanya Myuran dan Andrew Saat Menghadapi Regu Tembak
kompas.com
Dua terpidana mati kasus narkotika kelompok Bali Nine yaitu Myuran Sukumaran (kiri) dan Andrew Chan usai proses pengadilan di Bali, 14 Februari 2006. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebelum eksekusi dilakukan, selain tim regu tembak ada orang-orang yang juga ikut menemani hari-hari terakhir terpidana mati. Ia adalah jaksa eksekutor.

Sejak dua anggota Bali Nine dikirim ke Lapas Nusakambangan dan akan dieksekusi mati, ada beberapa orang jaksa dari Bali yang mengawal. Tiga orang di antaranya berasal dari Kejari Denpasar.

(Berita Terkait: Ibunda Myuran KIRIM SURAT TERBUKA Untuk JOKOWI)

Tiga jaksa tersebut adalah Ketut Maha Agung yang juga merupakan Kasipidum Kejari Denpasar, Eddy Artha Wijaya, dan Deni Iswanto.

(Baca Juga Berita Terkait: Putra Sulungnya Ditembak Mati, Sakit Hati Ibu Myuran Sampai Mati)

Meskipun tidak menemani sampai para terpidana dieksekusi oleh regu tembak, namun salah satu jaksa, I Ketut Maha Agung, yang mengaku baru pertama kali mengawal proses eksekusi mati mempunyai kesan-kesan yang tidak bisa dilupakan.

"Saya merasa kasihan pasti, tapi itu sudah menjadi tugas negara jadi apapun yang terjadi ya harus dilaksanakan," ujarnya, Selasa (5/5), di Denpasar.

Ketut mengaku tidak bisa melupakan saat menyaksikan pernikahan Andrew Chan dan Febyanti Herewila di Nusakambangan.

Meskipun hanya menyaksikan dari luar jendela, ia benar-benar merasakan bagaimana kebahagiaan Andrew saat menggelar pernikahan sederhana di Gereja Nusakambangan.

"Mungkin kalau orang yang tidak mengerti tidak menyangka kalau dia (Andrew) akan mati besoknya, ia terlihat bahagia sekali, banyak tertawa dan seperti tidak ada beban," aku Ketut.

Halaman
1234
Penulis: Eviera Paramita Sandi
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved