Breaking News:

Ikon Baru Patung Gajah Mina dan Sulitnya Melafalkan Nama Pantai Pererenan

Sebuah Patung Dewa Baruna yang menunggangi Gajah Mina setinggi 12 meter menjadi ikon andalan di Pantai Pererenan.

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Sejumlah warga menikmati suasana pantai di sekitar Patung Dewa Baruna yang menungangi Gajah Mina setinggi 12 meter yang menjadi ikon baru di Pantai Pererenan, Mengwi, Badung, Sabtu (25/3/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Sebuah Patung Dewa Baruna yang menunggangi Gajah Mina setinggi 12 meter menjadi ikon andalan di Pantai Pererenan, Desa Pereranan, Mengwi, Badung, Bali.

“Patung yang berdiri megah di atas batu karang ini sebagai ikon Desa Pererenan beserta pariwisata pantainya juga,” kata Kepala Desa Pererenan, I Ketut Gede Sasmita saat dikonfirmasi, Sabtu (23/3/2017).

Sasmita menjelaskan, patung ikan berkepala gajah atau biasa disebut gajah mina yang ditunggangi Dewa Baruna sebagai penguasa laut tersebut, secara historis berkaitan dengan Pantai Pererenan sebagai lokasi untuk menggelar upacara keagamaan.

Selain itu, terkadang masyarakat agak sulit menyebutkan nama Pererenan, sehingga dengan adanya patung tersebut menjadi sebuah ikon.

“Biasanya jika untuk menyebut nama Pererenan kan agak sulit, semoga dengan adanya patung ini menjadi ikon baru desa dan pariwisata pererenan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sasmita mengatakan, pembangunan patung tersebut atas prakarsa dari desa adat dan menggunakan APBDes tahun 2016.

“Anggaran pastinya saya tidak hapal. Tapi sekitar Rp 450 juta,” ujarnya seraya mengtakan untuk penataan keseluruhan akan dilakukan menggunakan APBD Badung. Untuk penetaan keseluruhan akan didanai oleh APBD. Mulai dari pembuatan kios, pembangunan dua jembatan. Termasuk pembuatan jalan lingkar untuk antisipasi kemacetan saat upacara keagamaan seperti saat melasti,” tuturnya. (*)

Info ter-UPDATE tentang BALI, dapat Anda pantau melalui:
Like fanpage >>> https://www.facebook.com/tribunbali
Follow >>> https://twitter.com/Tribun_Bali
Follow >>> https://www.instagram.com/tribunbali
Subscribe >>> https://www.youtube.com/Tribun Bali

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved