Kadar Kolesterol Daging Ayam Lebih Rendah dari Daging Merah?

Banyak orang lebih memilih mengonsumsi daging ayam daripada daging merah karena alasan kandungan kolesterolnya lebih rendah

Kadar Kolesterol Daging Ayam Lebih Rendah dari Daging Merah?
Shutterstock via Tribun Lampung
Ilustrasi daging ayam 

TRIBUN-BALI.COM- Banyak orang lebih memilih mengonsumsi daging ayam daripada daging merah karena alasan kandungan kolesterolnya lebih rendah.

Faktanya, daging ayam mengandung kolesterol yang lebih tinggi dari daging merah.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menganalisis efek dari daging merah, daging putih, dan sumber protein nabati pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian itu melibatkan orang dewasa yang sehat berusia 21-65 tahun yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Peserta juga diminta untuk mengonsumsi daging merah, daging putih, dan protein nabati, masing-masing untuk periode empat minggu, dengan urutan protein acak pada setiap kelompok.

"Ketika kami merencanakan penelitian ini, kami berharap daging merah memiliki efek yang lebih buruk pada kadar kolesterol darah daripada daging putih. Ternyata tidak demikian. Kadar asam lemak jenuhnya mirip," kata Ronald Krauss, pemimpin riset.

Dengan kata lain, daging merah dan putih sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Di sisi lain, peneliti menemukan protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan adalah pilihan paling sehat jika ingin kadar kolesterol tetap normal.

Secara keseluruhan daging putih masih merupakan pilihan yang lebih baik daripada daging merah. Tetapi, kita juga harus mewaspadai makanan lain yang kadar lemak jenuhnya tinggi.(Kompas.com)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved