BPJS Kesehatan Denpasar

BPJS Kesehatan Denpasar Terus Berikan Kepuasan Kepada Peserta JKN-KIS

Ni Nyoman Warsini adalah salah satu peserta JKN-KIS, ia mengaku merasakan perubahan pelayanan di Kantor Cabang Denpasar dari waktu ke waktu

BPJS Kesehatan Denpasar Terus Berikan Kepuasan Kepada Peserta JKN-KIS
BPJS Kesehatan Denpasar
Ni Nyoman Warsini adalah salah satu peserta JKN-KIS. BPJS Kesehatan Denpasar Terus Berikan Kepuasan Kepada Peserta JKN-KIS 

BPJS Kesehatan Denpasar Terus Berikan Kepuasan Kepada Peserta JKN-KIS

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepuasan didefinisikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan.

Definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa agar dapat memuaskan pelanggan maka harus diidentifikasi dahulu apa keinginan, kebutuhan dan harapan pelanggan, sehingga pengorbanan yang telah dikeluarkan pelanggan sebanding dengan yang didapatkan bahkan lebih.

BPJS Kesehatan tidak pernah pantang menyerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta, pelayanan yang nyaman, cepat yang memberikan kepuasan sendiri kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Seperti yang dirasakan salah satu peserta JKN-KIS yang telah selesai mengantre di loket, Jumat (5/7/2019).

Ni Nyoman Warsini adalah salah satu peserta JKN-KIS yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Denpasar untuk melakukan pendaftaran anak keduanya.

Baca: Mulai Hari Ini Penerbangan LCC Diskon 50 Persen, Ini Daftar Rutenya

Baca: Anan Lestaluhu Akan Bermain Maksimal Jika Diturunkan Lawan Barito Putera

“Saya ingin anak kedua saya terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, supaya kalau sakit tidak repot lagi. Saya dan keluarga sudah setahun menjadi peserta JKN-KIS, dan sudah merasakan manfaatnya. Saya melahirkan di bidan dengan menggunakan JKN-KIS, mungkin jika saya tidak ikut JKN-KIS saya harus menyiapkan uang banyak untuk biaya melahirkan,” ungkap Warsini dengan tersenyum.

Warsini juga merasakan perubahan pelayanan di Kantor Cabang Denpasar dari waktu ke waktu.

Pengambilan antrean layanan yang cepat, tertib dan nyaman, petugas loket yang melayani dengan ramah, yang menjadi nilai tambah tersendiri bagi warsini.

“Sangat puas dan menurut saya semakin hari semakin baik pelayanan di sini, untuk mengambil antrean tidak perlu datang sebelum jam 08.00 Wita. Karena antrean dibuka jam 08.00 Wita menyebabkan antre lama, kalau kita datangnya agak siang dan tidak terlalu pagi tidak capek juga mengantre. Untuk ruangan pengambilan antrean ada di lantai satu, ruangannya lumayan luas dan tidak berdesakan, ada juga meja khusus untuk mengisi formulir. Menurut saya mengantre lama itu ya karena banyak peserta yang mengantre itu hal wajar kitanya saja harus sabar,” jelasnya.

Baca: Inilah Sepak Terjang Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang Terjaring dalam OTT KPK

Baca: L.A Dewata Senang Bisa Menjamu Suporter Persela saat Away ke Bali

Ia juga mengatakan pelayanan pada saat pengurusan kartu anak keduanya dilayani dengan cukup baik oleh petugas dan tidak perlu lama di loket, asal berkas lengkap dan sudah isi formulir maka dilayani dengan cepat.

“Saya puas dengan pelayanan dari petugasnya, karena ramah dan tidak butuh waktu lama untuk melayani saya, komunikasinya sangat baik dan jelas sesuai kebutuhan saya,” ungkap Warsini kepada tim Jamkesnews.

Menanggapi banyak respons positif dari Peserta JKN-KIS, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Aristo Bau mengatakan peningkatan kepuasan peserta dapat dilakukan dengan survei kepuasan pelanggan secara berkala untuk mengetahui harapan peserta.

“Salah satu pelayanan yang diterima peserta dengan kurang baik yaitu aspek responsiveness. Sehingga untuk meningkatkan responsiveness pelayanan dapat dilakukan penambahan jumlah loket serta kejelasan nomor dan panggilan antrean. Salah satu customer gap pelayanan terdapat pada aspek communication. Sehingga untuk meminimalisir gap tersebut dapat diberikan sosialisasi atau media tentang syarat administratif, alur dan prosedur pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan,” ungkap Ariasto Bau, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta mengakhiri wawancara tim Jamkesnews. (*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved