Minim Guru dan Siswa, SDN 7 Tianyar Karangasem Terancam Di-regrouping

Jumlah tenaga pengajar yang hanya lima orang dengan peserta didik tidak lebih dari 18 orang membuat SDN 7 Tianyar terancam di-regrouping

Minim Guru dan Siswa, SDN 7 Tianyar Karangasem Terancam Di-regrouping
TRIBUN BALI/SAIFUL ROHIM
Siswa SDN 7 Tianyar, Kecamatan Kubu saat mengikuti proses belajar mengajar belum lama ini. Beberapa kelas terpaksa digabung karena kekurangan tenaga pengajar. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA -  Jumlah tenaga pengajar yang hanya lima orang dengan peserta didik tidak lebih dari 18 orang membuat SDN 7 Tianyar, Kecamatan Kubu terancam di-regrouping.

Hanya saja sampai saat ini Disdikpora Karangasem masih berusaha mencari cara agar sekolah ini tidak sampai di-regrouping.

Adapun dalam peraturan, seharusnya jumlah minimal siswa per rombongan belajar (rombel) adalah 26 siswa.

Lima guru yang bertugas di sekolah yang berada di tengah Desa Tianyar itu bertanggung jawab atas semua kegiatan sekolah, dari  proses belajar mengajar hingga mengurus dana BOS.

Kepala Sekolah SDN 7 Tianyar, I Nengah Manis Susila mengatakan sudah lama SDN 7 kekurangan tenaga pengajar.

Guru yang mengajar di antaranya kepala sekolah, guru agama yang berstatus PNS tapi sudah tua dan sempat sakit, guru Kelas VI (PNS), Kelas V (PNS), dan Kelas IV yang masih berstatus kontrak.

"Untuk kelas III dan kelas I tidak ada guru kelas. Sedangkan kelas II memang tidak ada peserta didiknya karena tidak ada yang mendaftar tahun lalu. Kita banyak kekurangan tenaga pengajar," kata Manis Susila, Jumat (19/7/2019).

“Tenaga pengajar kami terbatas. Walaupun jumlah murid sedikit, hanya 3 sampai 6 orang per kelas, tapi murid membutuhkan pelajaran. Proses belajar harus berjalan,” imbuhnya.

Apabila semua guru hadir, proses belajar mengajar bisa dilakukan per rombel. Namun bila ada guru yang tak hadir, siswa digabungkan dengan mata pelajaran berbeda.

Cara ini ditempuh untuk menjaga agar kelas lebih kondusif.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved