Simpang Ring Banjar

Napak Tilas Dang Hyang Dwijendra di Campuhan Palit Semal Tabanan

Tempat panglukatan yang dikenal dengan nama Campuhan Palit Semal konon memiliki jejak napak tilas dari Dang Hyang Dwijendra.

Napak Tilas Dang Hyang Dwijendra di Campuhan Palit Semal Tabanan
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Banjar Tegal, Desa Kukuh, Marga, Tabanan memiliki sebuah tempat panglukatan yang dikenal dengan nama Campuhan Palit Semal. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Setiap wilayah di Bali memiliki ciri khas atau keunikan masing-masing. Seperti di Banjar Tegal, Desa Kukuh, Marga, Tabanan, yang memiliki sebuah tempat panglukatan yang dikenal dengan nama Campuhan Palit Semal.

Pertemuan empat aliran air atau yang lebih diketahui dengan nama campuhan ini memiliki keunikan tersendiri.

Konon, campuhan ini memiliki jejak napak tilas dari Dang Hyang Dwijendra.

Menurut Mangku Pura Batan Jabon, Jro Mangku Wayan Dorni, sejarah Campuhan Palit Semal ini tak diketahui pasti.

Namun menurut purana pura setempat, Pura Luhur Dayang, tempat panglukatan ini dulunya merupakan napak tilas dari Dang Hyang Dwijendra.

Disebutkan, dulunya Dang Hyang Dwijendra sempat melintas di kawasan Marga mulai dari Puri Belayu, kemudian menelusuri Tukad Yeh Ge, dan kemudian beristirahat di Pura Batan Jabon.

Kemudian beliau melanjutkan perjalanan ke arah barat hingga tiba di tempat campuhan ini. Di tempat tersebut, cokor (kaki) beliau sempat tenggelam dan tak bisa diangkat.

Dang Hyang Dwijendra yang wikan (sakti), kemudian menggunakan bekas nginang-nya. Beliau melemparkan bekas nginang ke arah kakinya hingga akhirnya bisa terangkat. Lalu keluar air pancoran dari sela bebatuan.

Saat itu, beliau berharap dengan adanya pancoran ini nantinya digunakan sebagai tempat panglukatan bagi warga yang dekot (kotor).

Artinya tempat ini merupakan panglukatan pembersihan dan hingga saat ini masih dilestarikan oleh warga setempat.

Halaman
123
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved