789 Koperasi di Bali Tidak Aktif, Dinas Koperasi Upayakan Pembinaan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali, I Gede Indra menyampaikan ada 4.949 koperasi di Bali sampai bulan Juni 2019

789 Koperasi di Bali Tidak Aktif, Dinas Koperasi Upayakan Pembinaan
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali, I Gede Indra. 789 Koperasi di Bali Tidak Aktif, Dinas Koperasi Upayakan Pembinaan 

789 Koperasi di Bali Tidak Aktif, Dinas Koperasi Upayakan Pembinaan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali, I Gede Indra menyampaikan ada 4.949 koperasi di Bali sampai bulan Juni 2019.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa koperasi yang tidak aktif. Jumlahnya mencapai 789 koperasi.

Indra menjelaskan koperasi yang tidak aktif ini indikatornya antara lain tidak melaksanakan rapat anggota sebagai bentuk penerapan prinsip akuntabilitas, serta aktivitas kelembagaan maupun usahanya terganggu.

Terhadap koperasi yang tidak aktif ini, sudah disepakati dengan Kepala Dinas se Bali bahwa sepanjang tahun 2019 ini 150 koperasi di Bali berpotensi dibubarkan.

Bahkan koperasi binaan provinsi dari target 6 koperasi tidak aktif yang sudah diusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM, bertambah menjadi 9 koperasi yang akan dibubarkan. 

“Kami tidak tinggal diam, Dinas Koperasi provinsi bersama kabupaten/kota terhadap koperasi yang tidak aktif akan terus dilakukan upaya pembinaan,” kata Indra di Denpasar, Jumat (9/8/2019).

Pihaknya juga sudah menurunkan tim Satgas Pengawasan provinsi ke lapangan bersama Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL).

PPKL bertugas melakukan inventarisasi, pendataan dan mendorong aktivasi koperasi.

Beberapa koperasi disarankan untuk merger (bergabung) dengan koperasi lainnya agar menjadi lebih ‘sehat’.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved