Dapatkan Ganti Rugi dari Maskapai untuk Koper yang Hilang, Simak Caranya

Salah satu risiko saat menumpang pesawat adalah barang bawaan (koper) yang hilang. Ada banyak sebab mengapa koper hilang

Dapatkan Ganti Rugi dari Maskapai untuk Koper yang Hilang, Simak Caranya
Shutterstock via KOMPAS.com
Ilustrasi koper. 

TRIBUN-BALI.COM - Salah satu risiko saat menumpang pesawat adalah barang bawaan (koper) yang hilang.

Ada banyak sebab mengapa koper hilang, bisa jadi karena kelalaian petugas ground handling (layanan petugas di darat) atau kelalaian penumpang sendiri, misal lupa mencabut stiker penerbangan sebelumnya.

Hilangnya koper dapat diklaim oleh penumpang ke maskapai penerbangan untuk ganti rugi.

"Oleh karena itu penumpang wajib menunjukkan barang berharga yang masuk bagasi ke maskapai," kata pengamat penerbangan Alvin Lie, saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (19/8/2017).

"Apabila barang dinilai terlalu berharga, maskapai boleh menolak mengangkut bagasi dan menyarankan barang diasuransikan," lanjutnya.

Dekatkan Diri Dengan Konsumen, Isuzu Indonesia Bentuk Komunitas, Konvoi hingga Gathering di Bali

Guru Bahasa Inggris Pingsan Saat Diperiksa, Tak Tahu Aksi Kebablasan di Mobil Direkam Selingkuhan

Standar penggantian barang bawaan di bagasi yang hilang, jika penumpang tak menunjukkan barang berharga saat check in adalah berat barang yang hilang dikali Rp 200.000 per kilogram.

Sedangkan untuk barang bawaan yang dijinjing atau masuk kabin, tak diganti karena merupakan tanggung jawab penumpang sendiri.

Namun prosedur penggantian barang bagasi yang hilang berbeda dengan barang bagasi yang segaja dirusak, dalam hal ini koper.

"Jika dirusak dan isinya diambil, sebenarnya aturannya abu-abu. Karena ini masuk delik pidana, bukan cuma kelalaian," kata Alvin.

Sempat Akan Dibangun di Dekat RSJ, Sampai Kini Bali Belum Miliki Tempat Pengolahan Limbah Medis

Kepala Bayi Sudah Keluar Rahim, Sang Ibu Keburu Tewas, Posisi Melahirkan di Kamar Kos

"Ganti ruginya saya kurang jelas, karena mekanisme penggantian ganti rugi adalah untuk koper yang hilang karena kelalaian maskapai," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun Travel dengan judul "Koper yang Hilang Bisa Dapat Ganti Rugi dari Maskapai Penerbangan, Ini Syaratnya"

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved