Breaking News:

Tawarkan Energi Bersih, Dubes Inggris Temui Gubernur Koster di Rumah Jabatan

Bali akan menjadi lebih bersih dan nyaman bagi warganya dan juga wisatawan. Inggris siap membantu Pemprov Bali mewujudkan hal itu

Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Gubernur Koster dan Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berfoto bersama saat pertemuan berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (24/9/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menerima kehadiran Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha, Denpasar, Selasa (24/9/2019).

Dalam pertemuan itu, Gubernur Koster mengaku mendapatkan tawaran sejumlah kerja sama, di antaranya berupa dukungan pembangunan infrastruktur dan pendidikan.

Dalam tawaran kerja sama di bidang pendidikan itu termasuk kursus-kursus bagi para tenaga kerja lulusan SMA dan SMK serta tawaran beasiswa magister (S2) ke Inggris.

Selain itu, juga terdapat tawaran pengembangan energi bersih, karena secara kebetulan Provinsi Bali saat ini sedang menyiapkan skema, regulasi berupa Peraturan Gubernur (Pergub) dan kebijakan untuk pengembangan energi bersih.

Temui Gubernur Koster, Dubes Inggris Dukung Peningkatan Infrastruktur dan Pendidikan

Kerja Sama dengan Komunitas Foodtruck, Pasar Badung Akan Diramaikan Berbagai Jenis Kuliner

"Jadi Pemerintah Inggris punya pengalaman yang sangat memadai untuk pengembangan energi bersih ini. Jadi kami bisa akan melakukan kerja sama ke depan," tuturnya.

Gubernur Koster mengatakan, jika nantinya pergub sudah selesai pihaknya mengaku akan memetakan sumber energi bersih tersebut.

Beberapa sumber yang bisa diterapkan di Bali di antaranya berupa tenaga air, surya dan gas.

Sementara itu Dubes Owen Jenkins mengatakan bahwa Inggris memiliki banyak keahlian dan pengalaman dalam energi terbarukan seperti angin, tenaga surya, tenaga air dan lainnya.

"Kami berharap dapat berbagi pengalaman dan keahlian tersebut dengan Pemprov Bali," harapnya.

Saat ini, jelas Owen, ada delegasi dari Indonesia yang berkunjung ke Skotlandia untuk melakukan studi dan observasi di pulau Orkney.

Operasi Prostitusi di Hotel, Perempuan Ini Ngamuk : Kalau Ketangkep Gini Suami Saya Tahu Gimana?

Daftar 96 Perguruan Tinggi dengan Akreditasi A, di Bali Ada 3 Perguruan Tinggi

"Orkney pulau yang menggunakan energi baru terbarukan dan saya pikir pengalaman seperti itu sangat relevan dengan Bali," kata dia.

Selama pertemuan berlangsung, Owen mengaku berdiskusi dengan Gubernur Koster tentang energi jenis apa saja yang ingin diadopsi oleh Bali.

Setelah pergub dikeluarkan, baru pihaknya bersama Pemprov Bali akan melakukan kerja sama teknisnya.

"Apabila Bali sudah mengadopsi energi bersih, hal itu akan sangat baik untuk pertumbuhan pariwisata. Bali akan menjadi lebih bersih dan nyaman bagi warganya dan juga wisatawan. Inggris siap membantu Pemprov Bali mewujudkan hal itu," jelas Owen. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved