Lakukan Pembunuhan Berencana dan Penganiayaan Berat, Chusen Divonis 15 Tahun Penjara

Mochamad Chusen dinyatakan terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana dan penganiayaan berat

Lakukan Pembunuhan Berencana dan Penganiayaan Berat, Chusen Divonis 15 Tahun Penjara
Tribun Bali/I Putu Candra
Mochamad Chusen saat menjalani sidang di PN Denpasar, Kamis (3/10/2019). Lakukan Pembunuhan Berencana dan Penganiayaan Berat, Chusen Divonis 15 Tahun Penjara 

Lakukan Pembunuhan Berencana dan Penganiayaan Berat, Chusen Divonis 15 Tahun Penjara

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mochamad Chusen (37) hanya bisa diam menunduk saat mendengarkan majelis hakim membacakan amar putusan.

Di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (3/10/2019), majelis hakim menjatuhkan vonis terhadap Chusen dengan pidana penjara selama 15 tahun.

Ia dinyatakan terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana dan penganiayaan berat.

Chusen membunuh Hoo Sigit Pramono (58) dan menganiaya istri korban, Dian Indah Permatasari (57) warga Perum Polri Jalan Imam Bonjol 326 No. B6- B7 Denpasar.

Putusan majelis hakim pimpinan IGN Putra Atmaja lebih ringan tiga tahun dibandingkan tuntutan yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya, Jaksa Dina K Sitepu menuntut Chusen dengan pidana penjara selama 18 tahun.

Terhadap putusan majelis hakim, baik dari terdakwa diwakili tim penasihat hukumnya dari Pos Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar dan jaksa sama-sama menyatakan menerima.

Sementara majelis hakim dalam amar putusan menyatakan, terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 340 KUHP dan penganiayaan yang mengakibatkan luka berat sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 351 ayat (2) KUHP.

Menurut hakim, hal yang memberatkan karena perbuatan terdakwa telah mengakibatkan Dian Indah Permatasari yang merupakan istri korban Hoo Sigit Pramono, kehilangan tulang punggung keluarga, dan saksi Indah mengalami patah lengan kanan.

Halaman
1234
Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved