Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Pemkab Badung Meningkat

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Badung terhadap pelayanan publik mengalami peningkatan dengan nilai 83,61.

Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Pemkab Badung Meningkat
Pemkab Badung
Sekda Adi Arnawa disaat menghadiri presentasi laporan akhir penelitian survei kepuasan masyarakat Kabupaten Badung Tahun 2019, di Puspem Badung, Senin (7/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM - Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Badung terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung mengalami peningkatan dengan nilai 83,61.

Hal itu diketahui dari hasil survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung yang bekerja sama dengan Universitas Warmadewa

Data itu terlihat saat presentasi laporan akhir penelitian survei kepuasan masyarakat Kabupaten Badung Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kriya Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Senin (7/10/2019). 

Acara itu pun dihadiri Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara, Tim Leader Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat I Gede Agus Wibawa beserta Perangkat Daerah. 

Tatib dan Kode Etik Diparipurnakan 10 Oktober, Dewan Masukkan Sabtu dan Minggu sebagai Hari Kerja

Pada Era Ini, Perempuan 3 Kali Lebih Stres daripada Laki-Laki, Mengapa?

Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara mengatakan, kegiatan survei indeks kepuasan masyarakat terutama berkenaan dengan pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkab. Badung telah menjadi agenda tahunan Pemkab Badung.

Untuk tahun ini, survei dilakukan oleh Badan Litbang bekerja sama dengan Universitas Warmadewa

Dari hasil survei yang sudah dilakukan, dan secara terbuka telah disampaikan Tim Universitas Warmadewa terdapat hasil peningkatan dibandingkan dari tahun sebelumnya. 

Pada Tahun 2017 lalu, nilai rata-rata kepuasan masyarakat pada angka 79,73 dan survei yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini, untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 83,61. 

Peningkatan ini tentu menggambarkan adanya peningkatan perilaku pelayanan publik yang dilakukan oleh perangkat daerah kepada masyarakat. 

Jokowi Belum Berkomunikasi dengan Pimpinan PDIP Terkait Kemungkinan Gerindra Dapat Jatah Menteri

BREAKING NEWS: Terjadi Aksi Penembakan di Jalan Kertapura Denpasar, Korban Ditembak di Paha Kiri

“Jadi survei ini respondennya adalah masyarakat umum yang mencari pelayanan-pelayanan pada perangkat daerah di Pemkab. Badung dan semua perangkat daerah sebagian besar mempeloreh nilai yang baik dan 50 persen memperoleh klasifikasi A dengan mutu pelayanan sangat baik,” jelas Suambara.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi kepada tim yang telah melakukan survei dengan sangat objektif.

Dari hasil survei yang dijelaskan oleh tim, tampaknya sudah ada peningkatan baik indeks kepuasan masyarakat, kinerja pelayanan maupun mutu pelayanan di Badung.

Bandara Ngurah Rai Percantik Fasilitas Holding Room Penumpang Berkebutuhan Khusus

Sekda juga melihat dari hasil survei ini secara kuantitatif bahwa sudah ada peningkatan kinerja. 

“Tentunya ini harus terus dijaga kualitas pelayanan jangan sampai apa yang sudah diperoleh saat ini menjadi menurun di tahun mendatang. Oleh karena itu, saya berharap kepada Badan Litbang dengan tim survei indeks agar menjadi lebih baik lagi,” kata Adi Arnawa. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved