Telisik Sejarah dan Filosofi Serombotan, Kuliner Khas Klungkung Diusulkan Jadi Warisan Budaya

Kuliner khas Klungkung, serombotan akan diusulkan sebagai warisan budaya tak benda nasional ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Telisik Sejarah dan Filosofi Serombotan, Kuliner Khas Klungkung Diusulkan Jadi Warisan Budaya
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Penjual serombotan di Pasar Sengol Klungkung, Senin (7/10/2019). Dinas Kebudayaan Klungkung akan mengusulkan serombotan sebagai warisan budaya. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kuliner khas Klungkung, serombotan akan diusulkan sebagai warisan budaya tak benda nasional ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengusulan rencananya akan dilakukan tahun depan.

"Pengusulan serombotan sebagai warisan budaya dikarenakan serombotan merupakan kuliner asli dan khas Klungkung yang berkembang ke berbagai daerah lainnya di Bali," ujar Kadis Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Klungkung, I Nengah Sudiarta, Senin (7/10/2019).

Mulai saat ini, pihaknya tengah mengumpulkan referensi terkait berkembangnya kuliner serombotan. Mulai dari bagaimana sejarah kuliner serombotan hingga filosofi di balik kuliner dengan bahan dasar sayur-sayuran ini.

Beri Edukasi pada Pelaku Industri Rumah Tangga, Salimah Bali dan BPOM Gelar Sosialisasi

Sama-Sama Masuk Parit, Tabrakan Truk VS Bus di Hutan Cekik, Sopir Dapat 10 Jahitan di Kepala

"Nanti usulan itu, akan disertai dengan referensi. Kami sekarang tengah mencari tokoh yang mengetahui dan berkompeten untuk memberikan segala informasi tentang serombotan ini," jelasnya.

Pengusulan ini sebenarnya sudah diupayakan sejak tahun ini. Namun tahun ini yang sudah dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda asal Klungkung hanya tarian Baris Jangkang asal Banjar Pelilit, Nusa Penida.

Sederhana Tapi Berkesan, Wiyasa Pede Jemput Mempelai Wanita Pakai Mobil Pikap

"Tahun ini Baris Jangkang sudah dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda, dan bulan ini rencananya kami akan ke Jakarta untuk menerima predikat tetsebut. Nanti Pemkab mendapat dana pelestarian dari Kementerian," ungkap Sudiarta. 

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved