Begini Lucunya 3 Anak Orangutan Ikuti Upacara Tumpek Kandang di Bali Safari

Hari ini, Sabtu (12/10 2019) merupakan hari yang istimewa untuk semua hewan dalam kalender Bali.

Begini Lucunya 3 Anak Orangutan Ikuti Upacara Tumpek Kandang di Bali Safari
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Anak orangutan, Bonbon, Cherry dan George mengikuti upacara Tumpek Kandang di Bali Safari, Sabtu (12/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR -- Hari ini, Sabtu (12/10 2019) merupakan hari yang istimewa untuk semua hewan dalam kalender Bali.

Karena hari ini merupakan hari selamatan untuk hewan khususnya hewan ternak atau yang biasa kita kenal dengan Tumpek Kandang setiap enam bulan sekali atau 210 hari pada Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Uye.

Tak seperti perayaan sebelumnya, kali ini tiga bayi orangutan mengikuti perayaan Tumpek Kandang yaitu Bonbon.

Bonbon merupakan salah satu satwa yang berhasil diselamatkan dari upaya penyelundupan bayi orangutan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, yang sempat menghebohkan dunia internasional.

Dan juga dua bayi orangutan yang lahir di taman Bali Safari Cherry dan George turut hadir mengikuti upacara Tumpek Kandang.

Bon bon yang sudah berumur dua tahun tampak sudah terbiasa dengan lingkungan taman safari, banyak wisatawan yang yang ingin berfoto dengannya sedangkan cherry dan Goerge masih terlihat malu-malu dan tak mau lepas dari pengasuhnya.

“Tiap 6 bulan sekali kita rutin menggelar Tumpek Kandang. Ini sebagai bentuk syukur dan keselamatan terhadap hewan yang ada di sini.

Karena kami merupakan lembaga konservasi jadi kita menggelarnya meminta keselamatan dan kesehatan untuk satwa di sini,” jelas Manager Operational Bali Safari & Marine Park Ketut Suardana.

Ketut Suardana menambahkan, di upacara Tumpek Kandang sore ini diikuti perwakilan satwa jenis omnivora seperti Gajah Sumatera, Sapi, Kambing, Iguana, Ular, Kuda Poni, Burung Beo dan lainnya.

Tumpek Kandang pada intinya umat memuja Sang Hyang Siwa Pasupati, manifestasi Tuhan sebagai rajanya semua makhluk hindup.

Halaman
12
Penulis: I Nyoman Mahayasa
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved