Selama 9 Bulan, Imigrasi Denpasar Telah Deportasi 44 WNA

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Denpasar, Bali, dari Januari sampai September 2019 telah mendeportasi sebanyak 44 WNA

Selama 9 Bulan, Imigrasi Denpasar Telah Deportasi 44 WNA
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Denpasar, Bali, dari Januari sampai September 2019 telah mendeportasi sebanyak 44 warga negara asing (WNA). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Denpasar, Bali, dari Januari sampai September 2019 telah mendeportasi sebanyak 44 warga negara asing (WNA).

Mereka berasal dari berbagai negara seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Bulgaria, China, Denmark, Ghana, Hungaria, India, Inggris, Jepang, Jerman, Mexico, Myanmar, Nepal, New Zealand, Perancis, Rusia, Sri Lanka, Swedia, Timor Leste, Ukraina dengan lama tinggal dan tujuan yang beragam.

Terbaru, 10 Oktober lalu telah mendeportasi 1 orang WNA Rusia yang bersangkutan dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian berupa Deportasi dengan penangkalan karena melanggar Pasal 75 dan 78 ayat (2) UU No. 11 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Dalam hal ini, yang dimaksud adalah melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum serta izin tinggal yang bersangkutan telah berakhir kurang dari 60 hari dan tidak dapat membayar biaya beban.

Selama menunggu proses deportasi, yang bersangkutan menjalani pendetensian di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Tidak hanya over stay, deportasi yang dilakukan juga karena penyalahgunaan ijin tinggal, ex napi pencurian. Sampai saat ini deportasi terbanyak dari Warga Negara Rusia.

Selain hasil dari pengawasan yang dilakukan oleh Imigrasi Denpasar, keberhasilan ini juga tidak lepas dari kegiatan TIM PORA (Pengawan Orang Asing) yang dibentuk dengan melibatkan instansi terkait yang ada di setiap kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved