Pemkab Klungkung Usulkan Jembatan Baru Penghubung Ceningan dan Lembongan

Pemkab Klungkung berusaha mengusulkan pembangunan jembatan baru penghubung pulau Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan

Pemkab Klungkung Usulkan Jembatan Baru Penghubung Ceningan dan Lembongan
Dok. Tribun Bali
Jembatan Kuning yang menghubungkan Pulau Lembongan dan Ceningan. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung berusaha mengusulkan pembangunan jembatan baru penghubung pulau Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan.

Merealisasikan rencana tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bertemu dengan Direktur Jembatan, Iwan Zarkasi di kantor Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Suwirta menjelaskan, setelah Pelabuhan Bias Munjul dibangun, nantinya pelabuhan tersebut akan diakses oleh Kapal Roro maupun fastboat.

Kondisi ini tentu membuat arus transportasi dari Ceningan menuju Lembongan dan sebaliknya akan meningkat padat.

Guna mendukung kelancaran transportasi dari pulau Ceningan ke Lembongan, ia menilai diperlukan satu jembatan permanen atau jembatan besar yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Karena jembatan kuning yang ada sekarang, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

"Diharapkan jika jembatan ini dibangun akan mempermudah dan memperlancar transportasi sehingga akan berdampak salah satunya menurunkan harga komoditi," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data di Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung,  pembangunan jembatan baru penghubung Pulau Lembongan dan Ceningan tersebut direncanakan memiliki panjang 150 meter dan lebar 5 meter.

Anggaran yang diperlukan diperkirakan mencapai Rp 65 miliar.

"Besok (hari ini) rencananya kami akan melakukan peninjauan langsung ke Lembongan, untuk mengecek rencana pembangunan jembatajmn baru penghubung Pulau Ceningan dan Lembongan ini," ungkap Kadis PUPR Klungkung, Anak Agung Lesmana. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved