Wiki Bali

TRIBUN WIKI - Sejarah Singkat Berdirinya Polda Bali

Polda Bali karena tergolong polda tipe A, dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua atau (Inspektur Jenderal Polisi).

TRIBUN WIKI - Sejarah Singkat Berdirinya Polda Bali
Polda Bali
Polda Bali melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 yang diikuti seluruh personel Polda Bali bertempat di Lapangan Iptu S Soetardjo Satbrimob Polda Bali, Denpasar, Bali, Senin (28/10/2019). Peringatan Sumpah Pemuda Ke-91, Wakapolda Bali Berharap Lahir Tokoh Muda Penakluk Dunia 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR – Bagaimana sejarah singkat berdirinya Kepolisian Daerah (Polda) Bali?

Dikutip dari laman http://www.bali.polri.go.id/ didapatkan sejarah singkat Polda Bali, begini penjelasannya :

Kepolisian Daerah Bali atau Polda Bali (dulu bernama Komando Daerah Kepolisian (Komdak atau Kodak) XV/Bali) adalah pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Provinsi Bali.

Polda Bali karena tergolong polda tipe A, dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua atau (Inspektur Jenderal Polisi).

Om Hao Kisahkan Pengalamannya Bertemu Genderuwo Berbulu Putih saat Berkunjung ke Alas Roban

PLTS 25 Megawatt di Jembrana Perlu Kajian Mendalam

Pertumbuhan dan perkembangan wilayah Polda Nusra sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi dan kondisi Pemerintahan Republik Indonesia.

Periode 17 Agustus 1947 sampai dengan 1950.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Pimpinan Kepolisian di daerah – daerah termasuk di Daerah Nusa Tenggara melepaskan diri dari kekuasaan pimpinan Jepang dan menyatakan dirinya sebagai bagian dari Polisi Republik Indonesia

Pada tanggal 24 Desember 1946 berlakulah Ordenantie No. 143 tahun 1946 dari Pimpinan Indonesia Timur tentang “ Susunan dan Bentuk–bentuk Pemerintahan “ yang didasarkan atas peraturan Swapraja tahun 1938, dimana organisasi Kepolisian di daerah – daerah mengikuti bentuk tersebut.

Sayuran Hijau hingga Jamur, Berikut 7 Sayuran Terbaik untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Paling Fit & Siap Main Lawan Persipura, Michael Orah Bisa Isi Pos Bek Kiri

Kepolisian dalam lingkungan Pemerintah Negara Indonesia Timur, secara administratif dibawah Menteri Dalam Negeri Negara Indonesia Timur dan dibantu oleh seorang Kepala Jawatan Kepolisian Negara Indonesia Timur. Daerah Nusa Tenggara pada saat itu dibagi menjadi 2 Daerah Kepolisian yaitu:

Kepolisian Keresidenan Bali dan Lombok berkedudukan di Denpasar yang membawahi Kepolisian pada tiap-tiap Swapraja di Pulau Bali dan Lombok.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved