Jumlah Pengangguran Mencapai 1500 Orang, Pemkab Klungkung Gagas Pembentukan Wirausaha Mandiri

Pemkab Klungkung tengah berupaya mengurangi angka pengangguran, dengan mencoba Pembentukan Wirausaha Mandiri.

Jumlah Pengangguran Mencapai 1500 Orang, Pemkab Klungkung Gagas Pembentukan Wirausaha Mandiri
Tribun Bali/ Eka Mita Suputra
Peserta pembentukan wirausaha mandiri di Klungkung, Selasa (19/11/2019). Kegiatan tersebut untuk mengurangi angka pengngguran di Klungkung, yang mencapai 1500 orang. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung tengah berupaya mengurangi angka pengangguran, dengan mencoba Pembentukan Wirausaha Mandiri.

Upaya ini dilakukan, mengingat angka pengangguran di Klungkung masih cukup tinggi.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, jumlah pengangguran di Klungkung mencapai sekitar 1500 orang.

Jumlah ini mengalami fluktuatif dari tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah pengangguran di Klungkung setiap tahunnya fluktuatif," ujar Kelala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya, Selasa (19/11/2019).

Jadwal Turnamen Bulu Tangkis BWF Setelah Hong Kong Open 2019, Masih 3 Pertandingan Lagi

9 Poin Lagi Bali United Juara Liga I Indonesia 2019, Teco Tegaskan Tunggu Tim Pesaing Tergelincir

Sementara data pencari kerja tahun 2018 sebanyak 737 orang yang didominasi pendidikan SLTA sederajat sebesar 50 persen dan yang penempatan ke luar negeri sebanyak 360 orang.

Sampai akhir tahun bulan Oktober 2019 data pencari kerja sebanyak 419 orang, juga didominasi pendidikan SLTA dan yang sudah penempatan di luar negeri sebanyak 237 orang.

"Tahun 2018, baru empat kelompok atau 55 orang yang diberikan pelatihan atau pembinaan kewirausahaan yang berasal dari masyarakat setengah penganggur dan yang penganggur," jelas Kusumajaya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pembentukan wirausaha mandiri untuk memberikan dorongan dan semangat kepada calon wirausahawan muda agar berusaha sendiri dengan memanfaatkan potensi dirinya dan potensi SDA di sekitarnya melalui era digital.

KPU Tabanan Butuh Tambahan Anggaran Rp 5 Miliar Terkait Kenaikan Honor Ad Hoc

PDIP Tanggapi Dingin Manuver Politik Jelang Pilkada Karangasem, Duet NADI Sedang Disurvei

"Kita memulai mengumpulkan generasi muda terutama yang belum mempunyai pekerjaan dan sudah mulai merintis pekerjaan. Agar kedepannya generasi ini percaya diri, bahwa masa depan mereka ada ditangan mereka sendiri," Ujar Suwirta.

Ia pun berharap pemerintah dapat menyediakan lapangan pekerjaan dan mendidik mereka mau jadi apa.

Melalui inovasi wirausaha kita perkuat kreativitas generasi muda dan masyarakat menuju klungkung yang sejahtera.

"Memiliki kecerdasan tidak cukup, tetapi kemauan yang menjadi utama, kecerdasan dan kemauan harus diseimbangkan," ujarnya.

Pihaknya juga menugaskan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja untuk mendata semua peserta dan dibuatkan database tingkat pengangguran di Klungkung. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved