Kantor Imigrasi Ngurah Rai Buka Layanan E-Paspor, Biaya Penerbitan Rp 650 Ribu

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai bisa menerbitkan paspor elektronik (e-passport, ditarif Rp 650 ribu.

Kantor Imigrasi Ngurah Rai Buka Layanan E-Paspor, Biaya Penerbitan Rp 650 Ribu
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana perekaman biometrik untuk pembuatan paspor elektronik (e-paspor) di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Rabu (20/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA -  Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai bisa menerbitkan paspor elektronik (e-passport), mulai Rabu (20/11/2019).

Penerbitan paspor elektronik 48 halaman ditarif Rp 650 ribu.

Peluncuran penerbitan e-paspor dihadiri pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Badung dan mereka langsung menjajal proses perekaman data biometrik.

“Dari segi kelengkapan data, e-paspor terbilang lebih lengkap dan akurat. E-paspor memiliki data biometrik yang mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegang paspor yang tersimpan dalam chip dan bisa dikenali lewat pemindaian,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Amran Aris.

Data biometrik dalam e-paspor sesuai dengan standar yang dikeluarkan International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan pada paspor berbagai negara lainnya, seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan negara lainnya.

Para pemegang e-paspor lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan lantaran mudah diverifikasi oleh negara yang didatangi.

Pemegang e-paspor Bali tak perlu lagi mengantre di pintu pemeriksaan imigrasi.

Karena bisa langsung menuju autogate untuk memindai e-paspor sebelum masuk ke boarding gate.

“Perbedaan biaya pembuatan itu karena adanya sistem chip di e-paspor. Penyimpanan e-paspor juga harus lebih seksama agar paspor tetap bisa digunakan,” jelas Amran.

Ia mengatakan, kesempatan untuk mendapatkan bebas visa bagi pemegang e-paspor juga terbuka lebar.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved