Soal Rencana Tol Jawa Nyambung ke Bali, Koster: Saya Pastikan Itu Tidak Ada

Soal Rencana Tol Jawa Nyambung ke Bali, Gubernur Bali Wayan Koster : Saya Pastikan Itu Tidak Ada

Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Foto: ¬†Gubernur Bali Wayan Koster saat ditemui awak media usai pelantikan Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus Kwartir Daerah dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Masa Bhakti 2019-2024 di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Senin (27/1/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan tidak akan ada pembangunan jalan tol atau jembatan yang akan menghubungkan Pulau Bali dengan Jawa.

“Saya tegaskan tidak ada jembatan Jawa-Bali, yang ada adalah tol dari Jakarta sampai Jawa Timur,” kata dia.

Gubernur Koster usai pelantikan Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus Kwartir Daerah dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Masa Bhakti 2019-2024 di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (27/1/2020).

Koster menegaskan, dengan tidak adanya jembatan yang menghubungkan Pulau Bali dengan Jawa, maka konektivitas antar kedua pulau ini dilakukan melalui pelabuhan.

Gus Kade Ngaku Pakai Sabu Untuk Tambah Stamina

29 Ekor Babi Mati di Denpasar, Penjual Daging Babi di Pasar Badung Mengeluh Sepi

Dari China Ke Bali, Pramugari Dicurigai Terinfeksi Virus Corona, Kadis Kesehatan Sebut Gejala Flu

Ia berkata pelabuhan Gilimanuk akan tetap beroperasi seperti biasa sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada.

Sementara itu, di Bali saat ini sedang disiapkan studi mengenai pembangunan tol yang menghubungkan Gilimanuk dengan Kota Denpasar.

Pembangunan tol Denpasar-Gilimanuk ini akan digarap oleh pihak swasta dengan skema business to business (B to B).

Total nantinya di Bali akan ada sebanyak lima ruas jalan tol yang akan dibangun di beberapa titik.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) merencanakan pembangunan Tol Trans Jawa Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) yang akan tersambung dengan Tol Gilimanuk-Tabananan.

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkap nantinya akan ada tol yang melingkari pulau Bali.

Trasenya dimulai dari Tol Gilimanuk-Tabanan yang akan terhubung dengan jaringan Tol Trans Jawa yakni Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

"Ya kira-kira akan begitu logikanya kan. Apalagi kita juga mengharapkan dia juga nyambung dengan Tol Bali Mandara," kata Danang Parikesit di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Danang Parikesit menjelaskan Tol Bali Mandara saat ini telah beroperasi dan membutuhkan dukungan infrastruktur lain untuk bisa berkembang.

Jika hal itu tidak dilakukan maka Tol Bali Mandara terancam sepi peminat.

"Karena Bali Mandara ini jalan tol yang sangat tergantung pada proyek-proyek pemerintah. Kalau jalan alternatif tidak diperbaiki kan traffic-nya drop," imbuhnya. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved