Alkohol dan Bawang Putih Dapat Cegah Virus Corona, Benarkah?

Dilansir dari Kompas.com dirangkum beberapa informasi yang beredar melalui media sosial dan grup WhatsApp, beserta penjelasannya.

Alkohol dan Bawang Putih Dapat Cegah Virus Corona, Benarkah?
AFP/HONG YOON-GI
Seorang pekerja dari layanan pembersihan menyemprotkan desinfektan di dalam gerbong kereta sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China, di Stasiun Kereta Api Suseo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/1/2020). Hingga saat ini, sudah 12 negara di berbagai belahan Bumi yang positif mengumumkan terdampak virus corona yang dilaporkan sudah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Wabah virus corona makin meluas dan telah menginfeksi sekitar 7000 orang.

Pemberitaan yang masif membuat banyak orang cemas, apalagi sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus yang menular antarmanusia ini.

Kekhawatiran akan terjangkitnya virus corona membuat banyak orang mudah mempercayai informasi yang tidak jelas di media sosial, terutama terkait pencegahannya.

Dilansir dari Kompas.com dirangkum beberapa informasi yang beredar melalui media sosial dan grup WhatsApp, beserta penjelasannya.

Virus corona bisa menular melalui kontak mata.

Tidak benar. Virus corona dapat menular melalui kontak fisik yang intensif, yaitu melalui droplet (percikan liur ketika bersin).

Pelajar SMA Janjikan akan Nikahi Adik Kelas, Sang Adik Kelas pun Dinodai Pelaku

Sebut Uji Coba dengan Persela Langkah Bagus, Fadil Sausu Harap Fans Tetap Ramaikan Stadion Dipta

Agen Travel Bali Kirimkan Bantuan Ribuan Masker Melalui Tamu China

"Kontak intensif dengan pasien akan memudahkan penularan virus ini. Penularan dapat melalui kontak erat seperti berkerja dalam satu ruangan atau berhubungan secara intensif," kata dokter spesialis paru Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, SpP(K).

Dapat diobati dengan minum alkohol

Tidak benar. Dijelaskan oleh dr. Erlina, menurut penilitian alkohol 70 persen memang dapat menginaktifkan virus dan desinfektan.

“Namun, harus direndam. Kalau diminum secara terus menerus orangnya akan mati,” kata dokter dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RS Persahabatan ini.

Banyak Kompetisi Musim Ini, Pemain Bali United Melvin Platje Ingin Fokus Piala AFC 2020

Kasus Sodomi di Bali, Ternyata Ini Dampak Buruk Hubungan Seks dari Belakang

Siswi SMP yang Dimabuk Asmara, Ngaku Diculik hingga 12 Hari Demi Bisa Berduan dengan Pacarnya

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved