Korem 163/Wira Satya Gelar Upacara Penjamasan Duaja, Mantapkan Semangat Pengabdian Untuk Bali

Keluarga Besar Korem 163/Wira Satya melaksanakan Upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya, bertempat di Pura Gunung Kawi, Mantapkan Semangat

Istimewa/dok. Penrem 163/Wira Satya
Penjamasan Duaja-Suasana melaksanakan Upacara Penjamasan Duaja yang digelar Keluarga Besar Korem 163/Wira Satya, di Pura Gunung Kawi, Tampaksiring, Gianyar, Jumat (14/2/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Keluarga Besar Korem 163/Wira Satya melaksanakan Upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya, bertempat di Pura Gunung Kawi, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali, Jumat (14/2/2020).

Kepala Staf Korem 163/Wira Satya, Letkol Kav Jacob Janes Patty memimpin rombongan Keluarga Besar Korem 163/Wira Satya sekaligus mewakili Danrem Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si.

Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya tidaklah semata-mata hanya sebagai kegiatan tradisi atau rangkaian seremonial saja.

Namun terkandung makna dan tujuan menyucikan Duaja Korem 163/Wira Satya itu sendiri dengan memohon bimbingan dan petunjuk serta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

WIKI BALI - Berkenalan Dengan Matanai, Band Asal Bali yang Mengusung Genre Music Reggae Alternatif

Archipelago International Bali Bersihkan Pantai Matahari Terbit Dari Sampah Plastik

Anak Suka Merengek ?, Cobalah 10 Trik Sederhana Mengatasi Anak yang Suka Merengek Ini

“Harapannya seluruh Prajurit Korem 163/Wira Satya senantiasa diberikan kekuatan, keselamatan serta pemikiran yang baik dan suci agar mampu memikul tugas demi mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan tulus ikhlas tanpa pamrih. Khususnya dalam pengabdian di wilayah tugas dan tanggung jawab satuan ini, yang meliputi wilayah Provinsi Bali", ungkap Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, S.S.

Hal ini juga sangat selaras dengan tema peringatan HUT Ke-59 Korem 163/Wira Satya tahun 2020 yaitu, ‘Pengabdian Korem 163/Wira Satya Untuk Bali’, Pengabdian yang dilakukan dalam rangka menjaga sinergitas, stabilitas dan kondusifitas keamanan Pulau Dewata Bali termasuk mendukung pembangunan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Bali.

"Pelaksanaan Upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya tentunya akan semakin memantapkan semangat pengabdian satuan ini bagi masyarakat Bali", ungkap Mayor Bagus.

Dijelaskannya, rangkaian Upacara Penjamasan dan persembahyangan dipimpin oleh Pinandita Pura Gunung Kawi, Jero Mangku Ketut Wirawan dan diikuti secara ikhmad oleh seluruh personel yang mengikuti prosesi upacara tersebut.

Merunut pada sejarahnya, penamaan Duaja Korem 163/Wira Satya mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri/Panglima Angkatan Darat Nomor: Kep-385/5/1966 tertanggal 20 Mei 1966, yang merupakan referensi atau dasar disahkannya Duaja Korem 163/Bali dengan nama “Wira Satya”.

Sehingga sejak saat itu sebutan Korem 163/Bali berubah menjadi Korem 163/Wira Satya.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved