Breaking News:

Cegah Wabah Covid-19, STMIK Primakara Buat Gate Penyemprotan Desinfektan Otomatis

STMIK Primakara mengembangkan gate penyemprotan desinfektan secara otomatis, cegah Covid-19

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
STMIK Primakara
Uji coba gate penyemprotan desinfektan otomatis di Kampus STMIK Primakara, Jalan Tukad Badung Nomor 135 Denpasar, Sabtu (21/3/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara mengembangkan gate penyemprotan desinfektan secara otomatis.

Alat ini dibuat untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan wabah coronavirus disease (Covid-19) di Bali.

Gate penyemprotan desinfektan otomatis tersebut bentuknya berupa bilik beurukaran 2,5 x 1 meter.

Pada waktu uji coba, alat itu dipajang di depan pintu utama Kampus STMIK Primakara untuk melakukan penyemprotan desinfektan otomatis kepada siapapun yang melewatinya.

Melasti di Pantai Padang Galak Denpasar, Dulu 5000 Kini 18 Orang

Bali Punya Petuah Diam di Rumah di Musim Sakit, Pemerintah Terapkan Social Distancing Dua Pekan

Cegah Covid-19, Dispar Jembrana Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Beberapa Objek Wisata

“Alat ini merupakan gerbang penyiraman cairan desinfektan yang memiliki kemampuan penyiraman otomatis yang memafaatkan teknologi Internet of Things (IoT), dengan memanfaatkan Microcontroller, Sensor dan Relay,” terang akademisi Program Studi (Prodi) Teknik Informatika STMIK Primakara, Made Adi Paramartha Putra.

Adi yang merupakan salah satu yang ikut menciptakan alat ini menjelaskan, cara kerja gate yang menggunakan bantuan dari Arduino IDE ini adalah melakukan deteksi secara terus menerus.

Kemudian saat mendeteksi pengguna dijarak tertentu, relay akan menyalakan pompa untuk menyemprotkan cairan desinfektan secara otomatis.

“Semuanya itu akan bisa berjalan ketika dibaca oleh sensor yang kita taruh di bagian atas depan bilik. Kemudian saat mendeteksi pengguna dijarak tertentu, relay akan menyalakan pompa untuk menyemprotkan cairan desinfektan melalui lima lubang yang telah disediakan,” tuturnya kepada awak media di sela-sela uji coba alat ini di Kampus STMIK Primakara, Jalan Tukad Badung Nomor 135 Denpasar, Sabtu (21/3/2020).

Walau gate penyemprotan desinfektan otomatis ini saat ini baru sebatas protipe, namun menurut Adi saat uji coba alat ini sudah dapat bekerja dengan baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved