Terkait Kabar Bersuaranya Kulkul Puri Klungkung, Ini Penjelasan PHDI dan Puri Klungkung

Selasa (24/3/2020) malam sempat dihebohkan dengan kabar bersuaranya pajenengan dari Puri Klungkung. Ini Penjelasan PHDI dan Puri Klungkung

Terkait Kabar Bersuaranya Kulkul Puri Klungkung, Ini Penjelasan PHDI dan Puri Klungkung
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ketua PHDI Klungkung Putu Suarta 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Masyarakat Klungkung saat malam pengerupukan, Selasa (24/3/2020) malam sempat dihebohkan dengan kabar bersuaranya pajenengan dari Puri Klungkung.

Masyarakat meyakini, suara dari pejenengan yang berupa kulkul tersebut, menandakan akan datangnya suatu musibah di Bali.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PHDI Klungkung, I Putu Suarta mengatakan, pihaknya meminta masyarakat tidak panik dan menanggapi berlebihan isu-isu yang sumbernya belum jelas.

Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan dan langkah-langkah untuk mengantisipasi mewabahnya virus corona atau covid-19.

Sebelum Nyepi dan Ngembak Geni, Pemkot Denpasar Telah Semprot Disinfektan Massal

Satpol PP Denpasar Amankan 8 Orang ODGJ dan Terlantar Saat Hari Raya Nyepi

Penyeberangan Pelabuhan Padang Bai Karangasem Masih Sepi

"Umat kami minta tidak panik, apalagi ikut menyebarkan isu-isu yang sumbernya belum jelas," ujar Ketua PHDI Klungkung I Putu Suarta, Kamis (26/3/2020).

Semua informasi dan himbauan resmi kepada umat, akan disampaikan oleh PHDI (Parisadha Hindu Dharma Indonesia) dan MDA (Majelis Desa Adat).

Menurutnya, hal yang lebih utama bagi umat saat ini, mentaati semua arahan dari pemerintah untuk membatasi aktivitasnya.

Masyarakat juga diharapkan tetap menjalani segala aktivitas, termasuk keagamaan dari rumah.

"Intinya jangan ikut mendengarkan isu-isu belum jelas, dan ikut menyebarkannya. Tetap ikuti anjuran pemerintah, segala aktivitas termasuk keagamaan dilakukan dari rumah," tegas Putu Suarta.

Ia pun menghimbau kepada umat di Klungkung, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan langsung ke PHDI Klungkung, maupun ke prajuru adat di masing-masing desa pakraman.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved