Kemenhub: Ada Potensi Pemerintah Terapkan Larangan Mudik Lebaran Tahun Ini, Sore Ini Dirapatkan

dia mengatakan bahwa kementerian terkait masih mengkaji skema seperti apa yang akan ditetapkan bila mudik benar-benar dilarang.

Istimewa
Foto ilustrasi mudik. 

TRIBUN-BALI.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan adanya potensi bahwa pemerintah akan menerapkan larangan mudik untuk Lebaran tahun ini.

"Ada kemungkinan bila perkembangan terus seperti ini, bisa juga larangan mudik dilakukan oleh pemerintah, apalagi cuti Lebaran sudah diakomodir di akhir tahun 2020, saat pergantian tahun," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Jumat (17/4/2020).

Namun, dia mengatakan bahwa kementerian terkait masih mengkaji skema seperti apa yang akan ditetapkan bila mudik benar-benar dilarang. 

Rencananya, sore ini Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan akan melakukan rapat untuk membahas skema moda transportasi nantinya.

Jaga Stok Darah di PMI Bali, Polresta Denpasar Menggelar Aksi Donor Darah

Dikenal Kaya Akan Rempah, Berikut Resep dan Cara Membuat Ayam Betutu dengan Cara Modern

Seorang Bapak Keliling ke Tetangga Jual HP Rusak Rp 10 Ribu demi Beli Beras untuk Hidupi 5 Anaknya

"Nanti sore saya dan semua dirjen diminta untuk menjelaskan, kalau sampai ada statemen mudik dilarang skema kami akan seperti apa. Itu diminta masing-masing memaparkan dari semua moda bagaimana pergerakan dari semua kendaraan," ujar Budi.

Dia mengakui, saat ini Kemenhub memang tengah menunggu keputusan terkait larangan mudik tersebut.

Namun, kebijakan larangan mudik pasti akan berdasarkan kriteria tertentu tergantung kondisi saat ini khususnya terkait penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Indikator yang dilihat seperti yang terpapar berapa yang ODP, PDP dan sebagainya, saya kira itu di luar kompetensi saya. Kalau saya hanya bicara model transportasi dan pembatasan angkutannya," lanjut Budi.

Sebelumnya, Menko Luhut sudah pernah menyampaikan bahwa pemerintah tidak menutup kemungkinan adanya mudik tahun ini.

Dia menerangkan, kebijakan larangan mudik akan tergantung pada penilaian pemerintah dalam melihat perkembangan penyebaran virus corona.

Menurut dia, bila peningkatan penularan virus corona tak kunjung menurun bahkan meningkat semakin pesar, dia mengatakan pemerintah bisa saja melakukan larangan mudik, sehingga penyebaran dari epicentrum virus corona bisa diatasi.(*)

Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved