Corona di Bali

Turut Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Poltrada Bali Bagikan Paket Sembako di Terminal Batubulan

Perguruan Tinggi transportasi darat, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, melakukan aksi nyata penanggulangan penyebaran Covid-19

Tribun Bali/Ni Kadek Rika Riyanti
Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, bagikan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat terdampak di sekitar Terminal Batubulan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (18/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Perguruan Tinggi transportasi darat, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, melakukan aksi nyata penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan membagikan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat terdampak di sekitar Terminal Batubulan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (18/4/2020).

Program dari Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan merupakan arahan Direktur Poltrada Bali, Bambang Wijonarko, untuk melakukan kegiatan bina lingkungan yang menyasar masyarakat transportasi, di antaranya adalah pengemudi angkutan umum AKDP, angkutan daring, dan masyarakat terdampak lainnya untuk penanggulangan persebaran Covid-19.

Amien Rais Cs Gugat Perppu Penanganan Covid-19, Sejumlah Tokoh Ikut Daftar Jadi Pemohon

Presiden Jokowi Minta Data Virus Corona Segera Dibuka Seluas-luasnya

Susun Balok hingga Main Pasir, Berikut 4 Permainan yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

“Bantuan yang diberikan berupa alat pelindung diri (APD) yakni masker, vitamin, sembako, leaflet terkait informasi mengenai pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona, serta edukasi bagi masyarakat,” jelas Aris Budi Sulistyo, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, ketika dimintai keterangan di sela-sela pemberian bantuan, Sabtu (18/4/2020).

Dijelaskan, edukasi yang diberikan meliputi cara pencegahan, penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan benar, cara menjaga daya tahan tubuh, yang pada intinya menekankan cara antisipasi penyebaran pandemi ini.

Gelar Pameran Perdana secara Online, Hendra Pamerkan 55 Foto tentang Bali Selama 6 Tahun

Hari Ini Ponsel BM di Indonesia Resmi Diblokir, Ini Cara Mengecek Nomor IMEI

Pemain Arema FC Mariando Djonak Punya Kisah Berliku Sebelum ke Klub Singo Edan

Selain di Terminal Batubulan, pihaknya juga telah melakukan program ini di lingkungan kampus, yakni di Desa Samsam, Tabanan, Desa Batubulan, Gianyar, Terminal Ubung sejak kemarin.

“Untuk hari ini kami menyasar Gianyar berpusat di Terminal Batubulan ini. Rencana selanjutnya kami menyasar desa-desa, sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan perbekel untuk penanggulangan Pandemi Covid-19 ini. Untuk setiap lokasi kami siapkan 150 paket bantuan,” papar Aris.

Terpilihnya Terminal Batubulan, terang Aris, karena setelah dikoordinasikan dengan Kadishub Gianyar, pihak mereka menyarankan agar program ini dilakukan di terminal tersebut, karena dilihat distribusi untuk angkutan di pagi hari terbesar itu terletak Terminal Batubulan. 

Australia Bisa Tekan Penyebaran Covid-19, Apa Rahasianya?

BTB: Hotel di Bali Bakal Beroperasi Mulai 15 Mei 2020, Juni Bisa Datangkan Turis China

Aksi Peduli Covid-19, Rivera Hand Sanitizer Liquid Dibagikan ke Beberapa Rumah Sakit

“Selain itu, utamanya dekat dengan lingkungan kampus kami di Batubulan,” kata dia.

Pihaknya menilai, penyebaran yang utama ada pada kegiatan logistik. Kendatipun untuk saat ini semua masyarakat diminta berdiam di rumah, namun kegiatan logistik tetap berjalan, sehingga masyarakat transportasi harus bebas dari ancaman virus ini.

Melalui kegiatan ini, Aris berharap wujud nyata dari pihaknya dapat mengurangi beban daripada terdampak dan dapat mencegah penularan Pandemi Covid-19.

Selain itu, ia berharap wabah ini segera berakhir dan segera kembali ke kondisi normal.

“Saya berharap keadaan kembali seperti sebelumnya, sehingga semua masyarakat transportasi sehat terbebas dari wabah ini,” tandasnya.(*)

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved