Rata-Rata Pendonor Sampai 40 Per Hari, PMI Provinsi Bali Sebut Stok Darah Masih Mencukupi

Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan donor darah tetap rutin dilakukan melalui unit donor darah Palang Merah Indonesia Provinsi Bali.

Tribun Bali/Ni Kadek Rika Riyanti
Salah satu pendonor darah yang melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia Provinsi Bali pada, Kamis (23/4/2020). 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan donor darah tetap rutin dilakukan melalui unit donor darah Palang Merah Indonesia Provinsi Bali.

Dikarenakan situasi Covid-19 ini dan agar masyarakat lebih mudah melakukan donor darah, unit donor darah yang terdapat di RSUP Sanglah Denpasar untuk sementara dipindahkan ke kantor PMI Provinsi Bali.

Saat ditemui di Kantor PMI Provinsi Bali, Wakil Ketua PMI Provinsi Bali, I.G.K Sanjaya Putra mengatakan rata-rata dalam sehari pendonor berjumlah 10 hingga 40 orang di tengah wabah Covid-19.

Inilah Jadwal Imsakiyah Ramadan Tahun 2020 untuk Kabupaten Buleleng

Hadapi Dampak Corona, Garuda Indonesia Tekan Biaya Operasional Hingga Tutup Rute Tak Menguntungkan

Pertumbuhan Ekonomi Gianyar Turun 1,2 Persen Akibat Sektor Pertanian & Kelautan Tak Digarap Maksimal

"Dikarenakan PMI sebagai lembaga non profit sudah ditugaskan oleh Pemerintah menyalurkan darah bagi masyarakat yang membutuhkan baik pada waktu bencana maupun tidak ada bencana," ujar, Sanjaya pada, Kamis (23/4/2020).

Selain itu PMI Provinsi Bali masih melakukan kerjasama dengan Lembaga Organisasi Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI). Sementara untuk ketersediaan stok darah pihak PMI Provinsi Bali selalu diperbarui.

Jika ada kekurangan stok darah pihaknya akan menginformasikan kepada masyarakat umum atas kerelaannya untuk mendonorkan darahnya.

Ibu Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Covid-19 di Denpasar

Alokasi APBD di Bawah 2 Persen, Guru Besar Unud Minta Pemprov Bali Mulai Perhatikan Pertanian

AS dan WHO Jadi Target Sasaran Hacker, Google Deteksi 18 Juta Phising dan Malware Per Hari

"Selain itu kami mempunyai sarana publikasi yang bernama Sahabat PMI di grup aplikasi WhatsApp bagi masyarakat yang ingin mengetahui stok darah di PMI. Sedangkan untuk ketersediaan stok darah hari ini masih mencukupi," tambahnya.

Sementara struktur pemeriksaan untuk calon pendonor dilakukan seperti biasa seperti pengecekan tensi, pengecekan HB, lalu ditanya apakah mereka pernah menggunakan obat-obatan terlarang atau pernah mengidap penyakit kronis.

Kelehahan hingga Kesemutan, Berikut Gejala Tubuh Kekurangan Kalium

Masyarakat Diimbau Tidak Beraktivitas di Taman Kota Singaraja Selama Pandemi Virus Corona

Jika tes tersebut dapat dilewati maka, calon pendonor dapat melakukan donor darah. Khusus di kasus pandemi Covid-19 ini terdapat tambahan yaitu setiap pendonor yang akan melakukan donor darah sebelum masuk ruangan suhu tubuhnya akan dicek terlebih dahulu dengan menggunakan termoscanner dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh PMI Provinsi Bali. (*)

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved