Corona di Bali

21 PMI Asal Karangasem Dipulangkan Usai Jalani Karantina & Hasil Rapid Test Negatif

Mereka diizinkan pulang karena menjalani karantina selama 14 hari, dan hasilnya negatif saat dilakukan rapid test.

Pixabay
Ilustrasi karantina 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA  - Sebanyak 21 pekerja migran indonesia (PMI) dipulangkan setelah menjalani proses karantina di Hotel Ramayana, Kecamatan  Manggis, Rabu (29/4/2020) siang.

Mereka diizinkan pulang karena menjalani  karantina selama 14 hari, dan hasilnya negatif saat dilakukan rapid test.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa mengungkapkan, pekerja migran indonesia dipulangkan setelah dinyatakan negatif.

Pekerja migran indonesia diminta agar melakukan isolasi mandiri dalam rumah masing - masing selama 14 hari untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

Tinggal di Zona Merah Covid-19,Pemain Bali United Arapenta:Alhamdulillah Lingkungan Saya Belum Kena

Tak Bisa Isolasi Mandiri, 4 Buruh Asal Sulawesi Dipulangkan dari Kuta Utara Badung

BPOM Berikan Tips Minum 8 Gelas Air Sehari Saat Jalani Puasa

"Mereka sudah di tes, dan hasilnya negatif. Mereka  (PMI) sudah diberikan surat keterangan sehat. Tapi kita himbau untuk tetap melakukan isolasi mandiri dirumah. Antisipasi hal tak diinginkan. Saat  pemulangaan tadi, PMI dijemput oleh keluarganya,"kata Arimbawa.

Mantan Kabid Damkar Karangasem meminta warga tidak mengucilkan serta menolak PMI yang sudah selesai menjalankan karantina dan melakukan rapid test.

PMI yang dipulangkan semuanya dinyatakan negatif. Mereka dikarantina selama 14 hari, terhitung mulai 15 April 2020 yang lalu.

Pekerja migran juga diminta tetap mengikuti aturan protokol dari kesehatn yang ada. Mereka diminta karantina mandiri selama 14 hari sambil evaluasi kesehatan.

"Kami tetap minta PMI mengisolasi diri selama 14 hari. Berkomunikasi dengan petugas satgas di Desa,"imbuh IB Arimbawa.

Sehari setelah ini, PMI yang di Karantina di Hotel Puri Bagus juga akan dipulangkan.

 Mengingat mereka sudah menjalan proses karantina slama 14  hari, dan hasil rapid test negatif. Setelah itu disusul pemulangan PMI yang dikarantina di Hotel Surgawi, Tumbu, Kecamatan Karangasem.

Info dilapangan, PMI yang telah menjalani masa karantina selama 14 hari bahagia bisa dipulangkan. Dan bisa berkumpul dengan keluarga.

Para pekerja migran juga mengucapkan terima kasih ke pemerintah daerah yang memfasilitasi selama proses karantina di hotel berbintang 4 dan 5.(*)

Penulis: Saiful Rohim
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved