Corona di Bali

11 PMI Dipulangkan Usai Jalani Karantina, Total 74 PMI Asal Jembrana Sudah Kumpul dengan Keluarga

Yang teranyar, sebanyak 11 PMI yang menginap di Hotel Ratu pun dilepas oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Kamis (30/4/2020)

Tribun Bali/I Made Ardhiangga Ismayana
Pemberian surat keterangan sehat oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan kepada salah satu PMI Jembrana, Kamis (30/4/2020) di Hotel Ratu Kecamatan Jembrana. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA- Dalam tiga hari terakhir ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana sudah memulangkan sebanyak 74 PMI (Pekerja Migran Indonesia).

 Mereka dipulangkan dalam tiga kloter berbeda.

Yang teranyar, sebanyak 11 PMI yang menginap di Hotel Ratu pun dilepas oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Kamis (30/4/2020).

Pelepasan PMI ini dilakukan di areal halaman depan kamar hotel tempat PMI menginap.

Peserta JKN-KIS Kini Dapat Konsultasi dengan Dokter Secara Digital

8 Daerah di Indonesia Ini Terjadi Transmisi Lokal Virus Corona, Salah Satunya Bali

Hal-hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Wakil Bupati Kembang Hartawan melepas para PMI dengan sebuah map berisikan surat keterangan sehat.

Surat keterangan itu merupakan bukti supaya masyarakat tidak menstigma negatif para PMI, yang sering dianggap sebagai pembawa virus.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan menuturkan, bahwa pihaknya sudah melepas 11 orang PMI kembali, setelah dua hari lalu ada sekitar 63 PMI di Hotel Jimbarwana yang dilepas dalam dua kloter.

Mereka dilepas atau dipulangkan dengan pertimbangan sudah memenuhi atau tidak memberikan dampak negatif bagi anggota keluarga atau lingkungan.

Sebab, mereka sudah menjalani dua kali rapid tes, dan juga pemeriksaan kesehatan oleh tim medis.

"Jadi hari ini kami lepas kembali 11 orang. Dan kemarin dan juga hari sebelumnya sudah ada 63 orang dipulangkan. Jadi total, sekarang sudah 74 PMI dipulangkan dengan disertai surat sehat," ucapnya.

Kembang mengaku, untuk tahap selanjutnya, atau hari berikutnya di Hotel Ratu Jalan Ngurah Rai Kecamatan Jembrana ini, akan ada pemulangan PMI sebanyak 10 orang atau dalam tahap ke dua.

Seperti sebelumnya, Kembang juga memberikan apresiasinya karena hingga saat ini PMI mampu melaksanakan prosedur karantina dengan baik dan disiplin.

 Saat dimasyarakat nanti para PMI bisa menjadi role model, ikut membantu pemerintah daerah membagikan hal positif yang diterima selama menjalani karantina.

"Setelah ini kalian akan berada di lingkup yang lebih besar. Bantu pemerintah daerah , mulai dari  lingkup terkecil, dari keluarga lingkungan hingga masyrakat yang lebih luas. Sosialisasikan langkah pencegahan untuk memutus rantai penyebaran corona di Jembrana," ungkapnya. (*).

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved