Kapten Moore Naik Pangkat di Usia 100 Tahun, Kumpulkan Rp 556 Miliar bagi Staf Medis

Veteran Perang Dunia II Tom Moore naik pangkat di hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Kamis (30/4/2020

Editor: DionDBPutra
Cpl Robert Weidemane/AP via KOMPAS.COM
Kapten Tom Moore (kanan) veteran Perang Dunia II dipromosikan menjadi Kolonel Kehormatan di ulang tahunnya yang ke-100 pada 30 April 2020. 

TRIBUN-BALI.COM, BEDFORDSHIRE - Usia sepuh tidak membatasi tekad pria ini untuk berbagai kebaikan dengan sesama.

Veteran Perang Dunia II Tom Moore naik pangkat di hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Kamis (30/4/2020), setelah sukses menggalang dana miliaran rupiah untuk staf medis.

Tom Moore telah menggalang dana lebih dari 30 juta poundsterling (sekitar Rp 556 miliar) untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), dengan berjalan mengitari kebunnya.

Pada hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Kamis (30/4/2020), Tom Moore yang berpangkat kapten selama karier militernya dipromosikan menjadi Kolonel Kehormatan.

Kenaikan pangkat ini diberikan sebagai pengakuan atas upayanya untuk mengumpulkan uang guna membantu operasional Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

Corona dan Lockdown Pun Jatuh Cinta

Ibu Hamil Berhasil Sembuh dari Corona, Kini Telah Lahirkan Anak Laki-laki

Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020, Ada Hujan Meteor, Supermoon Hingga Matahari Tepat di Atas Kabah

"Kebijaksanaannya, sikap tanpa basa-basi, dan humor dalam kesulitan membuatnya jadi teladan inspirasional bagi generasi muda dan tua," ucap Jenderal Mark Carleton-Smith, kepala staf umum Angkatan Darat Inggris, dalam sebuah pernyataan pada Kamis yang dikutip CNN.

Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan, Moore telah ditunjuk sebagai Kolonel Kehormatan pertama dari Army Foundation College Harrogate.

Veteran perang ini di hari yang sama juga mengucapkan terima kasih kepada semua pendukungnya di media sosial, setelah ia mengumpulkan lebih dari 30 juta poundsterling di laman galang dana untuk NHS.

Dia juga menerima lebih dari 125.000 kartu ucapan ulang tahun, yang dipajang di Bedford School Inggris, tempat cucunya bersekolah.

Relawan diminta untuk membuka kartu itu setelah beliau menjadi sensasi internasional dalam upaya penggalangan dana.

"Jumlah kartu yang dikirim ke kakek sangat mencengangkan," kata Benjie Ingram-Moore yang mengelola akun media sosial Tom Moore.

"Begitu banyak kartu yang benar-benar menyentuh hati dengan ribuan dari anak-anak muda yang telah meluangkan waktu untuk menggunakan bakat artistik mereka dan menulis pesan pribadi," kata cucu Moore tersebut.

Lahir di Yorkshire, Inggris Utara, Moore dilatih sebagai insinyur sipil sebelum didaftarkan di Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia II.

Di medan laga ia bertugas di India, Indonesia, dan Inggris. Ia kemudian menjadi direktur pelaksana pabrik beton.

Setelah kematian istrinya pada 2006, ia pindah untuk tinggal bersama putrinya, menantu, dan 2 cucu di Bedfordshire, tempat di mana dirinya menetap sampai sekarang.

Moore mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak pernah terpikir bisa mengumpulkan banyak uang untuk NHS.

"Saya benar-benar tidak menyangka jumlah uang ini - dan ketika Anda mentransfernya ke dalam dollar AS, itu bahkan lebih besar."

"Kami benar-benar tidak pernah, semenit pun berpikir kami akan mendapatkan uang sebanyak ini. Kami mulai dengan sedikit angka sederhana," kata Moore kepada CNN di acara Connect The World pada 17 April.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kumpulkan Rp 556 Miliar untuk Staf Medis, Kapten PD II Naik Pangkat di Usia 100 Tahun

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved