Corona di Bali

Ikut Andil dalam Penanganan Covid-19, Pacalang di Bali Bekerja Tanpa Insentif

Sayangnya, meski sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan masyarakat, pecalang bekerja tanpa adanya upah atau insentif.

Ikut Andil dalam Penanganan Covid-19, Pacalang di Bali Bekerja Tanpa Insentif
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Manggala Agung Pasikian Pacalang Bali, I Made Mudra ketika ditemui Tribun Bali di Pos Komando (Posko) Penanggulangan Covid-19 Pecalang Bali di Jalan Gunung Batukaru Nomor 1 Denpasar, Senin (18/5/2020)

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bukan pemandangan yang asing rasanya apabila menemui sejumlah pecalang di Bali yang berjaga di sejumlah ruas jalan.

Khususnya di Kota Denpasar, pecalang cukup ramai berjaga di beberapa pos tertentu sebagai tindak lanjut adanya kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di tengah upaya memutus rantai pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pantauan Tribun Bali di lapangan, sejumlah pecalang di Banjar Sumuh, Desa Adat Denpasar melakukan penjagaan di Simpang Enam, tepatnya di pintu masuk Jalan Pulau Misol, Denpasar, Minggu (17/5/2020) pagi.

Mereka berjaga di sana guna mengedukasi masyarakat akan bahaya pandemi Covid-19 seraya mewajibkan setiap pengendara yang melintas dan memasuki wilayah Banjar Sumuh untuk menggunakan masker.

Di tengah merebaknya Covid-19 ini, sebagai petugas keamanan di desa adat, pecalang tak pernah lelah untuk ikut berperan.

Sayangnya, meski sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan masyarakat, pecalang bekerja tanpa adanya upah atau insentif.

Padahal, mereka juga mempunyai keluarga yang harus mendapatkan penghidupan.

Manggala Agung Pasikian Pacalang Bali, I Made Mudra menuturkan, sampai saat ini kerja-kerja yang dilakukan oleh pacalang di Bali murni melalui sistem ngayah.

Pacalang di Bali, tuturnya, belum mendapatkan insentif sepeserpun dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, padahal pekerjaan dan fungsi pacalang begitu besar.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved