Breaking News:

ASDP Indonesia Hanya Layani Angkutan Logistik dan Tiket Online, Larangan Mudik Masih Berlaku

Kami tegaskan lagi, ASDP hanya melayani angkutan logistik saja. Untuk pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil pribadi dilarang menyeberang

Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi - Suasana penyeberangan Gilimanuk-Ketapang Jumat (29/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menegaskan, untuk saat ini hanya melayani angkutan logistik saja.

Karena itu, ASDP meminta pengguna jasa kapal ferry untuk mematuhi larangan mudik yang ditetapkan pemerintah.

ASDP Padang Bai Kembali Sodorkan Proyek Dermaga III

"Kami tegaskan lagi, ASDP hanya melayani angkutan logistik saja. Untuk pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil pribadi dilarang menyeberang untuk sementara ini," kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (19/05/2020).

Sesuai dengan Permenhub 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, ASDP hanya membuka layanan bagi angkutan logistik dengan penjualan tiket secara online.

ASDP Ketapang Banyuwangi Hentikan Penjualan Tiket Penumpang

 

Penjualan tiket bagi penumpang pejalan kaki, dan kendaraan golongan I - IVA, VA dan VIA ditutup sementara.

Penghentian sementara penjualan tiket ini telah dilakukan sejak 28 April 2020 dan akan diperbaharui terus sesuai dengan keputusan pemerintah.

Mulai 1 Mei, reservasi atau pembelian tiket ferry wajib dilakukan secara online melalui www.ferizy.com dan tidak ada pembelian tiket secara langsung di pelabuhan, khususnya 4 pelabuhan utama yang Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

"Penjualan tiket untuk truk logistik pun kini sudah 100% via online. Kami harapkan, pengguna jasa sektor logistik kini semakin mudah, cepat, dan nyaman saat membeli tiket ferry," lanjut dia.

Cegah Virus Corona, Layanan Penyeberangan ASDP Dihentikan Hingga 31 Mei 2020

Imelda pun memastikan, dalam melayani angkutan logistik, ASDP menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik di pelabuhan maupun di kapal, mulai dari desinfektan lingkungan, physical distancing saat kendaraan akan masuk, berada di kapal hingga keluar dari kapal, serta mewajibkan penggunaan masker bagi pengendara maupun petugas saat berada di pelabuhan maupun di kapal.

Adapun, ASDP mencatat adanya kenaikan trafik angkutan logistik yang signifikan dari Sumatra ke Jawa melalui lintasan Bakauheni - Merak hingga H-6 Lebaran

Forkopimda Jembrana Kunjungi Pelabuhan ASDP Gilimanuk, Dansatgas Covid-19 Perkuat Keamanan

Data posko Cabang Bakauheni, jumlah kendaraan roda 4 atau lebih jenis truk pada Minggu (17/5) atau H-7 hingga Senin (18/05/2020) pagi atau H-6 tercatat 1.917 unit atau naik 61% dibandingkan periode sama pada tahun 2019.

ASDP memprediksikan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tren angkutan logistik terus alami kenaikan, khususnya dari Sumatra ke Jawa menyusul permintaan kebutuhan bahan pokok yang meningkat. (*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul, Larangan mudik masih berlaku, ASDP Indonesia hanya layani angkutan logistik https://industri.kontan.co.id/news/larangan-mudik-masih-berlaku-asdp-indonesia-hanya-layani-angkutan-logistik

Editor: Kambali
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved