Corona di Bali

Agustus, Pariwisata Bali Diharapkan Sudah Buka Kembali

Melihat angka penularan di Bali sangat terkendali, kata dia, memungkinkan kerja sama tukar wisman segera dilakukan dengan Australia.

Tribun Bali/Noviana Windri
Pantai Sanur, Denpasar, Bali dipadati wisatawan, Minggu (22/12/2019) silam. Saat ini situasinya berbeda sejak ada pandemi virus corona. Pariwisata Bali diharapkan buka kembali Agustus 2020. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan I tahun 2020 terkontraksi sebesar (-1,14) persen (year on year).

Penyebabnya negara kantong turis menerapkan lockdown hingga berimbas anjloknya pariwisata Bali dan sangat mempengaruhi perekonomian di Bali.

Jika hal ini terus berlanjut, maka dipastikan ekonomi Bali akan terjun bebas.

Meski demikian, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, mengaku optimistis kondisi akan segera pulih.

Untuk itu, ia setuju dengan adanya ide new normal.

Bali Berhati-hati Sikapi New Normal karena Transmisi Lokal Masih Bertumbuh

“Satu di antaranya dengan kebijakan melonggarkan masuknya turis domestik,” kata Trisno dalam diskusi online bertajuk Pariwisata Bali Bersiap Menghadapi New Normal diikuti stakeholder pariwisata, BI, Gipi Bali, hingga anggota dewan, Jumat (22/5/2020).

Trisno mengatakan, Australia telah menerapkan strategi bekerjasama antar negara yang warganya sehat dari Covid-19 untuk saling bertukar wisman.

“Ini juga sudah dilakukan beberapa negara di Eropa,” sebutnya.

Melihat angka penularan di Bali sangat terkendali, kata dia, memungkinkan kerja sama tukar wisman segera dilakukan dengan Australia.

Tentunya dengan konsep new normal.

“Nah new normal ini, kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Aturannya pakai masker, social distancing, cuci tangan, serta pencegahan lainnya terus dilakukan,” jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved