Corona di Bali

Deteksi Dini Covid-19, Bandara Ngurah Rai Pasang Thermal Scanner di Terminal Keberangkatan

Angkasa Pura I (Persero) memasang thermal scanner di terminal keberangkatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Thermal scanner yang dipasang di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (10/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Sebagai pengetatan calon penumpang yang akan bepergian ke luar Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola kini memasang thermal scanner di terminal keberangkatan.

Thermal scanner ini pengadaan sendiri (AP I) jumlahnya tiga sementara yang datang, dua dipasang di terminal keberangkatan domestik dan satu di terminal keberangkatan internasional,” jelas Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Ngurah Rai Bali, Andanina Dyah Permatasari Mega, Rabu (10/6/2020).

Kenapa melakukan pengadaan thermal scanner padahal sebelumnya sudah ada thermo gun untuk pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang di terminal keberangkatan?

Andanina Megasari menyampaikan ini sebagai langkah deteksi dini di terminal keberangkatan.

“Intinya kami deteksi dini membantu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar. Kalau kami bisa deteksi dini kami bisa meminimalisir adanya penumpang dengan suhu tubuh di atas rata-rata normal, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Tiga thermal scanner ini dipasang sejak 22 April 2020 lalu hingga saat ini masih dipasang, dan untuk pengoperasian menurut Andanina Megasari, sebelumnya ada pelatihan dari pihak penyedia thermal scanner petugas yang ada di sini terkait teknis pengoperasionalnya.

So far baru tiga unit thermal scanner yang datang karena sementara pax-nya paling banyak di sini (keberangkatan domestik), jadi kami konsentrasikan dua di sini dan satu di internasional,” ungkap Andanina Megasari.

Diberitakan sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ngurah Rai Bali akan mengganti thermo gun dengan 12 unit thermal scanner. 

Pengadaan dan mendatangkan thermal scanner tersebut tak lain sebagai langkah preventif dan keseriusan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 pada sisi pengecekan suhu tubuh penumpang maupun karyawan yang bertugas di bandara.

Sehingga untuk proses scanning terhadap penumpang bisa memakan waktu lebih efektif di terminal domestik dan internasional, tidak terlalu ada antrean yang cukup panjang.

Sebanyak 12 thermal scanner tersebut akan ditempatkan diberbagai akses keberangkatan dan kedatangan penumpang domestik maupun internasional dan akses masuk karyawan.

(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved