Kronologi KMP Dharma Rucitra Karam di Padang Bai, Penumpang Panik, Ardian: Langsung Terjun Ke Laut

Ardiantoro, salah penumpang KMP Dharma Rucitra III, langsung panik saat mengetahui kapal ferry yang ditumpanginya dalam posisi miring

Tribun Bali/Saiful Rohim
Kondisi KMP Dharma Rucita di Dermaga II Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Sabtu (13/6/2020). Kapal hendak karam karena bocor. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA -- Ardiantoro, salah penumpang KMP Dharma Rucitra III, langsung panik saat mengetahui kapal ferry yang ditumpanginya dalam posisi miring saat memasuki Pelabuhan Padang Bai.

Sejumlah penumpang lain pun berteriak meminta bantuan karena air laut sudah memasuki kapal.

Bahkan saking paniknya, Ardian –panggilan Ardiantoro-- melompat dari atas kapal ke laut. Padahal ia tak bisa berenang.

Penumpang lain pun memilih melompat dari kapal untuk menyelamatkan diri, meski tanpa baju keselamatan.

"Saat kejadian saya sedang tidur. Bangun tidur penumpang di dalam kapal sudah panik.

Seketika saya langsung terjun ke laut. Padahal saya nggak bisa berenang. Saya selamat setelah dievakuasi Basarnas," tutur Ardian saat ditemui Tribun Bali di Pelabuhan Padang Bai, Sabtu (13/6).

KMP Dharma Rucitra III karam saat akan sandar di Dermaga II Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (12/6) pukul 21.50 Wita. Kapal ferry ini karam diperkirakan sekitar 4 meter dari Dermaga II.

Informasi di lapangan, KMP Dharma Rucitra III dengan bobot 1.444 gross ton berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/6) pukul 17.30 Wita.

Sampai di Dermaga II Pelabuhan Padang Bai sekitar pukul 21.50 Wita. Kapal ferry ini mengangkut puluhan kendaraan truk, sepeda motor, dan beberapa penumpang.

Kapal ferry warna putih ini mulai kemasukan air laut 30 menit sebelum sandar di Dermaga II. Area parkir kendaraan kapal digenangi air laut setinggi 3-5 sentimeter.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved