Petugas Pilah Sampah TOSS Karangdadi Klungkung Kerap Temukan Limbah Medis di Sampah Rumah Tangga

Petugas TOSS (tempat olah sampah setempat) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali, kerap menemukan limbah medis

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Aktivitas pemilahan sampah di TOSS (tempat olah sampah setempat) di Dusun Karangdadi, Kusamba, Klungkung, Bali, Senin (15/6/2020). Para petugas pemilah sampah mengeluh karena kerap temukan limbah medis bercampur dengan sampah rumah tangga. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Petugas TOSS (tempat olah sampah setempat) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Klungkung, Bali, kerap menemukan limbah medis, yang bercampur dengan limbah rumah tangga yang dibuang masyarakat.

Kejadian ini membuat para petugas pemilah sampah resah, karena limbah medis sangat berbahaya dan riskan menularkan penyakit.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat meninjau TOSS Centre mengungkapkan, para petugas pemilah sampah mengeluh karena kerap menemukan infus dan slop tangan medis bercampur dengan sampah rumah tangga.

"Situasi pandemi seperti saat ini, ternyata banyak membuat warga sakit yang dirawat di rumah. Buktinya para petugas pemilah sampah ini kerap menemukan infus bekas dan slop tangan medis bercampur dengan sampah rumah tangga yang dibuang warga," ungkap Suwirta.

Hal itu pun membuat petugas pemilah sampah resah.

Apalagi limbah medis yang tergolong limbah B3 yang sangat berbahaya, dan dapat menjadi sumber penyakit bagi masyarakat jika dibuang sembarangan.

"Kita tentu harus memperhatikan kesehatan para petugas pemilah sampah ini. Mereka saya minta terus menggenakan masker dan slop tangan," terangnya.

Suwirta juga meminta masyarakat, bila memiliki limbah medis di rumahnya agar bisa diserahkan ke puskesmas atau rumah sakit untuk dikelola.

Jangan sampai sampah medis dibungkus pelastik, dan dibuang di tempat sampah biasa.

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved