Sponsored Content

Badung Komit Bangkitkan UMKM di Bidang Pertanian & Perikanan, Giri Prasta Apresiasi Crew Jimbaran

Usaha kecil dan menengah mempunyai kedudukan, potensi, dan peranan sangat penting dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan.

Istimewa
Bupati Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa dan Sekda Adi Arnawa saat menghadiri acara presentasi program Nangun Kertha Jimbaran Membangun Ekonomi Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 di Kantor LPD Desa Adat Jimbaran, Selasa (23/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Usaha kecil dan menengah mempunyai kedudukan, potensi, dan peranan sangat penting dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan.

Pasalnya UMKM merupakan kegiatan usaha yang menampung lapangan kerja yang cukup banyak.

Bahkan kabupaten Badung sendiri komit untuk membangkitkan UMKM baik itu bidang pertanian dan perikanan.

Hasilnya akan disalurkan ke hotel dan restoran yang ada di kabupaten Badung, Bali.

Ditangkap Usai Membeli Sabu Rp 1,8 Juta, WN New Zealand Dikenakan Tiga Dakwaan

Harga Terbaru HP Samsung Juni 2020, Samsung Galaxy A01 hingga Samsung Galaxy S20+ BTS Edition

Pasien Positif Covid-19 di Buleleng Bertambah Satu Orang, Pos Sekat Mulai Beroperasi

“Kami akan lebih banyak mendengar masukan masyarakat untuk membangun perekonomian Badung. Sebagai pemerintah kami akan mendengar dengan telinga, mata, hati maupun melihat langsung ke lapangan guna mendapatkan masukan masyarakat dalam membangun perekonomian Kabupaten Badung. Siapa menguasai ekonomi dia menjadi leader, dengan pengembangan sentra-sentra produk unggulan dapat mempercepat pengembangan ekonomi kerakyatan. Dengan begitu, UMKM mempunyai peranan penting dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi," tegas Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa dan Sekda Adi Arnawa saat menghadiri acara presentasi program Nangun Kertha Jimbaran Membangun Ekonomi Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 di Kantor LPD Desa Adat Jimbaran, Bali, Selasa (23/6/2020).

Acara yang diprakarsai oleh Pemuda Jimbaran yang tergabung dalam wadah Crew Jimbaran ini juga dihadiri oleh Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan I Made Widiana, Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Kadis Pertanian dan pangan I Wayan Wijana, Kadis Perinaker IB Oka Dirga, Kabag Humas Made Suardita dan Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta.

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan, pengembangan ekonomi kerakyatan dilakukan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas lembaga ekonomi masyarakat seperti koperasi dan UMKM.

Selain itu pengembangan ekonomi juga dapat dilakukan dengan menciptakan sentra-sentra pembangunan produk unggulan wilayah perdesaan, kecamatan, sesuai dengan kultur dan potensi wilayah.

Karena berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, Koperasi dan UMKM menjadi urusan wajib pemerintah daerah.

Menurutnya, hal itu berarti pemerintah daerah mempunyai kewenangan seluas-luasnya untuk melaksanakan pembangunan dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pemerataan dan keadilan yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved