Benarkah Tol Trans Jawa Akan Disambungkan ke Bali? Ini Penjelasan Kadishub Bali

Menteri PUPR menyatakan akan melanjutkan pembangunan jalan tol trans Jawa hingga Bali, begini penjelasan Kepala Dinas Perhubungan Bali

Garry AL/Kompas.com dari Tribun Jogja
Jalan Tol Trans Jawa di Simpang Susun Bandar Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta menegaskan tidak ada jalan tol atau jembatan di atas laut yang menyambungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Sesuai dengan perencanaan, yang ada adalah proyek tol dari Gilimanuk sampai Denpasar dan Pelabuhan Padang Bai, Karangsem. 

"Rencananya memang di Bali ini sudah dipersiapkan berdasarkan rencana tata ruang yang ada, Bali ini akan ter-conect dengan tol sampai ke Padang Bai," kata Samsi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (24/6/2020).

Sebelumnya, viral isu akan ada jembatan penghubung berupa jalan tol yang menghubungkan antara Jawa dan Bali.

Ini lantaran adanya pernyataan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mengatakan akan melanjutkan pembangunan jalan tol Trans Jawa hingga Bali.

"Kami akan melanjutkan ruas jalan tol ini hingga Pulau Bali," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip dari Antara, Selasa (23/6/2020) kemarin.

Menurut Basuki, jalan tol Trans Jawa dengan total panjang 1.350 km yang baru saja tersambung atau dioperasikan pada 2019, menghubungkan ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa.

Kadishub Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta menegaskan tidak ada tol di atas laut yang menghuhungkan Jawa dengan Bali. 

"Tidak ada jembatan di atas laut itu. Tidak ada rencana itu. Yang ada itu adalah tol di Bali. Dalam rencana kita tidak ada, bahkan dalam rencana nasional juga tidak ada kalau berbasis pada perencanaan ya. Tapi kalau wacana itu banyaklah, biasa yang ngomong-ngomong, tapi kan kita berpacu pada dokumen perencanaan yang ada," kata Samsi.

Dikonfirmasi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit juga menegaskan tidak ada jembatan di atas laut dalam proyek Trans Jawa ke Bali itu.

"Yang ada itu prakarsa Gilimanuk-Denpasar," kata Danang melalui pesan WhatsApp

Hingga saat ini rencana proyek Trans Jawa yang bakal dilanjutkan ke Bali, kata Danang, masih dalam tahap kajian kelayakan.

(*)

Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved