Kisah Unik Bir Pletok, Bir Khas Betawi Tanpa Kandungan Alkohol

Salah satu minuman khas Betawi yang mempunyai kisah unik adalah bir pletok. Konon, bir ini tercipta dari pengaruh budaya minum alkohol orang Belanda

Kisah Unik Bir Pletok, Bir Khas Betawi Tanpa Kandungan Alkohol
shutterstock
Bir pletok, minuman khas Betawi

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Salah satu minuman khas Betawi yang mempunyai kisah unik adalah bir pletok.

Konon katanya, bir ini tercipta dari pengaruh budaya minum alkohol dan wine orang Belanda saat zaman kolonial dahulu.

“Zaman dulu Belanda itu suka minuman beralkohol atau wine saat sedang pesta-pesta. Mereka minum bir atau wine ada efeknya, yaitu menghangatkan tubuh,” papar Ira Lathief, pendiri Wisata Kreatif Jakarta, dalam sesi tur virtual Budaya dan Kuliner Betawi yang diselenggarakan oleh Atourin bekerja sama dengan Wisata Kreatif Jakarta, Senin (22/6/2020).

Ira yang menjadi pemandu tur dalam acara tersebut memaparkan, orang Betawi saat itu merasa iri dengan Belanda yang memiliki minuman penghangat tubuh.

WIKI BALI - Ajik Krisna Kembali Bertani, Outlet Singajara Akan Dijadikan Tempat Produksi Camilan

Drakor ‘Hotel del Luna’ Akan Dibuat Kembali Sebagai Serial Televisi Amerika

Cara Membuat Donat Panggang Empuk dan Padat, Berikut Resepnya

Akhirnya, orang-orang Betawi pun mencoba untuk menciptakan minuman khas dengan efek menghangatkan tetapi yang tidak memabukkan.

“Karena kan kebanyakan orang Betawi itu muslim. Makanya dicari minuman yang efeknya menghangatkan, tapi tidak memabukkan,” kata Ira.

Sejak itu, terciptalah bir pletok yang dibuat dari aneka rempah, seperti jahe, serai, kayu manis, dan kayu secang yang direbus dengan gula merah.

Warnanya merah dengan rasa rempah yang khas dan manis.

Ada dua versi kenapa nama bir pletok digunakan. Versi pertama, konon saat pembuatan bir pletok ada proses mengocok bir dalam wadah. Proses tersebut menghasilkan suara kocokan yang terdengar “pletok”.

“Tapi, ada juga yang bilang kalau dulu orang Belanda buka wine itu bunyinya ‘pletok’. Nah, diambil namanya dari situ." "Ini bir halalnya orang Betawi. Enak diminum dingin, begitu pun kalau diminum hangat. Efeknya bikin hangat di tubuh,” tutup Ira. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asal-usul Bir Pletok, Bir Tanpa Alkohol Khas Betawi"

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved