Komplotan Pengedar Narkotik Jaringan Lapas Karangasem Diganjar Hukuman 13 Tahun Penjara

Ketiga terdakwa adalah Rika Yuliana alias Riri (37), Retno Puwaningsih (30) dan I Gede Darmawan alias Lenong (25).

Shutterstock
Ilustrasi sabu 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tiga orang komplotan pengedar narkotik jaringan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karangasem diganjar pidana penjara selama 13 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Ketiga terdakwa adalah Rika Yuliana alias Riri (37), Retno Puwaningsih (30) dan I Gede Darmawan alias Lenong (25).

Mereka divonis bersalah karena terlibat peredaran atau jual beli narkotik yang dikendalikan oleh napi di Lapas Karangasem, I Kadek Rusdi (berkas terpisah).

Terhadap putusan yang dibacakan dalam sidang secara virtual itu, ketiga terdakwa melalui tim penasihat hukumnya dari Pos Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar pasrah menerima.

"Setelah berkoordinasi dengan para terdakwa. Kami mewakili para terdakwa, menerima putusan ini, Yang Mulia," ucap Aji Silaban selaku anggota tim penasihat hukum.

Di sisi lain, hal senada juga disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jaksa I Putu Sugiawan menanggapi putusan majelis hakim.

Sebelumnya, jaksa melayangkan tuntutan pidana penjara selama 14 tahun penjara terhadap terdakwa Rika Yuliana, Retno Puwaningsih dan I Gede Darmawan.

Selain pidana badan, ketiganya juga dituntut pidana denda sebesar Rp 2 miliar subsidair satu tahun penjara.

Sementara itu dalam amar putusan, majelis hakim menyatakan, para terdakwa telah terbukti bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana narkotik dan prekursor narkotik dengan tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli menerima, menjadi perantara jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotik golongan I bukan tanaman jenis sabu sebanyak 9 plastik klip dengan berat keseluruhan 54,83 gram netto.

Oleh karena itu, ketiga terdakwa dijerat Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotik. "Mengadili, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan penjara selama 13 tahun, dipotong menjalani tahanan sementara dengan perintah tetap ditahan.

Halaman
123
Penulis: Putu Candra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved