Breaking News:

Corona di Bali

Desa Adat Gelgel Nihil Warga Dikarantina Karena Covid-19

Desa Adat Gelgel telah merevisi pararem tentang Covid-19, pasca diterapkannya adaptasi kebiasaan baru

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kegiatan satgas gotong royong di Desa Adat Gelgel, Klungkung. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Desa Adat Gelgel telah merevisi pararem tentang Covid-19, pasca diterapkannya adaptasi kebiasaan baru. Bahkan hingga, Selasa (21/7) di wilayah Desa Adat Gelgel sudah nihil warga yang harus dikarantina karena terkait kasus Covid-19.

Katua Satuan Tugas Gotong-royong Desa Adat Gelgel, I Gede Eka Sumaya Putra menjelaskan, sejak beberapa hari lalu sudah tidak ada warga desa Gelgel yang dikarantina karena terkait covid-19. Saat ini Satgas gotong-royong tengah fokus dalam pencegahan, dan penerapan kebiasaan baru di masyarakat.

" Saat ini kami tengah fokus untuk adaptasi kebiasaan baru, bagaimana agar masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik," ujar Gede Eka Sumaya Putra, Selasa (21/7).

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru saat ini, Desa Adat Gelgel telah merevisi beberapa poin di pararem terkait pandemi Covid-19. Anatara lain yang awalnya kegiatan yadnya atau paruman (rapat) maksimal hanya diikuti 25 orang, saat ini dapat dilaksanakan tanpa batasan jumlah.

Hanya saja tetap diatur masalah jaga jarak sesuai protokol kesehatan. Demikian halnya jam malam yang diterapkan desa adat saat pandemi, saat ini sudah tidak diberlakukan lagi.

" Hanya saja jika tidak ada keperluan yang mendesak, kami harap warga tidak keluarrumah saat malam hari. Termasuk jika ada warga menerima tamu dari wilayah merah Covid-19, harus melaporkan diri dulu ke Satgas," ungkap Gede Eka Sumaya Putra.

Sementara terkait sosialisasi adaptasi kebiasaan baru pun terus dilakukan melalui paruman di tiap banjar. Desa Adat Gelgel sendiri menaungi tiga desa dinas, yakni Desa Gelgel, Desa Tojan, dan Desa Kamasan.

" Sosialisasi adaptasi kebiasaan baru ini kami lakukan disetiap ada paruman di banjar-banjar," jelasnya. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved