Breaking News:

Kebakaran Pura Dalem Setra Nusa Penida

Angin Kencang & Keterbatasan Fasilitas Damkar Persulit Pemadaman Api di Pura Dalem Setra Batununggul

Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan di Pura Dalem Setra, Desa Batununggul, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020)

Polsek Nusa Penida
Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan di Pura Dalem Setra, Desa Batununggul, Nusa Penida, Klungkung. Bali, Rabu (22/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan di Pura Dalem Setra, Desa Batununggul, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020).

Kondisi alam mempersulit petugas damkar memadamkan api, hingga kejadian ini pun membuat pengempon pura mengalami kerugian mencapai Rp 2 miliar.

Kasatpol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta menjelaskan, saat kejadian angin berembus cukup kencang dan terik matahari membuat api dengan cepat berkobar hebat.

Ditambah atap bangunan yang sebagian besar terbuat dari ijuk, membuat api dengan cepat merembet dan menghanguskan bangunan di pura tersebut.

Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan pelinggih di Pura Dalem Setra, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020). 
Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan pelinggih di Pura Dalem Setra, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020).  (Polsek Nusa Penida)

"Sebagian besar bangunan terbuat dari ijuk, ditambah lagi angin kencang dan matahari yang terik membuat api dengan mudah berkobar hebat," ungkap Putu Suarta.

Sementara, disisi lain ia mengakui kemampuan sarana dan prasarana armada damkar di Nusa Penida sangat terbatas.

Hingga saat ini di Nusa Penida hanya memiliki 1 unit damkar, sementara suplai air dibantu mobil tangki PDAM dan DLHP (Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan).

"Mobil tangki dari PDAM dan DLHP itu pompanya tidak standar, sehingga untuk suplai air cukup lama. Jika pompa sesuai armada damkar, biasanya 5 menit saja mobil tangki sudah penuh sehingga lebih cepat menyuplai air untuk memadamkan api," ungkap Putu Suarta.

Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan pelinggih di Pura Dalem Setra, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020). 
Kebakaran hebat menghanguskan beberapa bangunan pelinggih di Pura Dalem Setra, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Rabu (22/7/2020).  (Polsek Nusa Penida)

Kebakaran habat itu setidaknya menyebabkan beberapa bangunan hangus terbakar, seperti Pelinggih Meru, pelinggih Gedong Dalem, Pengaruman.

Limas Sari, Limas Catu, Gedong Sari, Pelinggih Manjangan Seluwang, dan Bale Sor.

BREAKING NEWS: Kebakaran Hebat di Pura Dalem Setra Nusa Penida, Kerugian Mencapai Rp 2 miliar

Tebing Pura Luhur Uluwatu Batal Dijarit, Bendesa Adat Pecatu Batasi Pemedek ke Utama Mandala 

Update Covid-19 di Bali 22 Juli 2020: Kasus Positif Bertambah 78 Orang, Sembuh 68 Orang

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved