Breaking News:

90 Personel Polsek dan Polres Tabanan Dilibatkan Dalam Operasi Patuh Lempuyang 2020

90 personel gabungan polres dan polsek jajaran yang ditugaskan dalam Operasi Patuh Lempuyang 2020

Polres Tabanan
Jajaran Polres Tabanan saat menggelar apel kesiapan pasukan Operasi Patuh Lempuyang 2020 di Lapangan apel Mapolres Tabanan, Tabanan, Bali, Kamis (23/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Jajaran Polres Tabanan telah menggelar apel kesiapan pasukan serangkaian pelaksanaan Operasi Patuh Lempuyang 2020 di lapangan apel Polres Tabanan, Tabanan, Bali, Kamis (23/7/2020).

Secara keseluruhan ada 90 personel gabungan polres dan polsek jajaran yang ditugaskan dalam operasi ini.

Penyematan pita berwarna biru menjadi tanda operasi telah mulai dilaksanakan. Ada empat sasaran prioritas dalam operasi ini, yakni pelanggar yang melawan arus, pelanggar pengguna jalan di bawah umur, pelanggaran tanpa helm, pelanggaran pengguna jalur kanan khusunya truk muatan berat.

"Karena pelaksanaan Operasi dalam suasana Pandemi Covid-19, pimpinan mengintruksikan kepada seluruh jajaran agar dalam pelaksanaan giat operasi mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan represif persuasif, selektif prioritas humanis, untuk mewujudkan Kamseltibcar Lantas, untuk meraih simpati masyarakat terhadap Polantas dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di jalan raya," ujar Kabag Ops Polres Tabanan, Kompol I Nengah Sudiarta saat memimpin apel, Kamis (23/7/2020).

Kompol Sudiarta melanjutkan, kegiatan operasi ini agar mengedepankan nilai-nilai kesantunan, cara bertindak dan sikap yang humanis (tidak arogan) sehingga muncul simpati masyarakat dan masyarakat mengindahkan aturan yang berlaku.

Dia menyebutkan, ada empat yang menjadi target dan prioritas utama adalah pelanggar yang melawan arus, pelanggar pengguna jalan di bawah umur, pelanggaran tanpa helm, pelanggaran pengguna jalur kanan khusunya truk muatan berat.

"Karena operasi dilaksanakan di tengah pandemi, pimpinan meminta agar menyiapkan semua perangkat sarana prasarana termasuk APD, jaga keamanan dan keselamatan diri, setiap peristiwa/permasalahan diselesaiakan dengan baik sesuai prosedur," tandasnya.

Sebelumnya, jajaran Polda Bali termasuk Polres Tabanan akan menggelar Operasi Patuh Lempuyang 2020 mulai tanggal 23 Juli - 5 Agustus 2020.

Kegiatan yang berlangsung selama 14 hari ini lebih menyasar penggunaan helm, pengendara anak di bawah umur, melawan arus, serta kendaraan tidak menggunakan lajur yang telah ditentukan khusus untuk truk. 

Terlebih lagi, di wilayah hukum (Wilkum) Polres Tabanan, pelanggar lalu lintas didominasi pengendara berusia 16-30 tahun.

Halaman
123
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved