Breaking News:

Tak Ada Lagi Blank Spot di Nusa Penida, Segera Tuntaskan Internet Gratis di 122 Desa Adat

Selain mengatasi masalah blank spot, pasca adaptasi kebiasaan baru ini, Pemkab Klungkung juga mulai menggenjot internet masuk desa adat.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah wisatawan menikmati sunset di Pantai Crystal Bay, Nusa penida, Klungkung, Bali, Rabu (9/10/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Memasuki adaptasi kebiasaan baru, Dinas Komunikasi dan Informasi bekerja menuntaskan blank spot di Nusa Penida.

Setelah pembangunan menara telekomunikasi di Desa Sekartaji, Pemkab menyebut sudah tidak ada lagi desa di Nusa Penida yang mengalami blank spot atau tidak terjangkau sinyal telekomunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Infomasi Klungkung, I Wayan Parna menjelaskan, sebelumnya ada empat desa di Klungkung yang mengalami blank spot atau tidak terjangkau sinyal komunikasi, yakni Desa Batukandik, Klumpu, Suana dan Desa Sekartaji.

Hal ini menjadi perhatian Pemkab, dengan melakukan pendekatan ke provider agar mau menanamkan modalnya di empat desa itu dengan menambah menara telekomunikasi.

Hasilnya, enam bulan lalu sudah dipasang satu menara telekomunikasi di Desa Batukandik.

Lalu kembali dibangun menara telekomunikasi di Desa Sekartaji dan sudah mulai aktif Selasa (28/7/2020) lalu.

“Karena sudah dibangun tower di dua desa yakni di Desa Batukandik dan Desa Sekartaji, blank spot di empat desa itu sudah teratasi. Sehingga semua desa di Nusa Penida sudah bisa mengakses sinyal komunikasi. Ini berkat lobi-lobi pak bupati, semua investasi pembangunan dua tower itu sepenuhnya ditanggung pihak provider," ungkap Wayan Parna, Kamis (30/7/2020).

Selain mengatasi masalah blank spot, pasca adaptasi kebiasaan baru ini, Pemkab Klungkung juga mulai menggenjot internet masuk desa adat.

Terdapat 122 titik (desa adat) yang disasar internet gratis.

Dari 122 titik, yang sudah terpasang internet sebanyak 83 titik, sisanya 39 titik yang semuanya ada di Nusa Penida, saat ini sedang proses pemasangan.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved