Breaking News:

Corona di Bali

Gelar Mecaru Pemarisudha Jagat Kali Senggara, Benteng Secara Niskala Meminta Tak Lagi Datang Wabah

Warga Banjar atau Dusun Munduk, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, menggelar upakara Mecaru, Minggu (2/8/2020).

Istimewa
Wabup Kembang Hartawan saat turut berdoa dalam 'Pemarisudha Jagat Kali Senggara', atau pembersihan wilayah menghindarkan warga dari wabah, Minggu (2/8/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Warga Banjar atau Dusun Munduk, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, menggelar upakara Mecaru, Minggu (2/8/2020).

Hal ini menyusul dengan tuntasnya karantina massal atau wilayah Dusun tersebut, sejak (16/7/2020) lalu oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana.

Dusun Munduk sendiri masuk dalam Desa Adat Dharma Kerti Kaliakah Kangin.

Upakara pecaruan sendiri bertajuk 'Pemarisudha Jagat Kali Senggara', atau pembersihan wilayah supaya terbebas dari penyakit yang membuat warganya terkonfirmasi Covid-19.

Aurel Akan Dinikahi Atta Halilintar, Anang Hermansyah Tak Kuasa Menahan Tangis

Oknum Manajer Koperasi di Gianyar Diduga Tilep Uang Senilai Rp 5 Miliar Lebih

Belanja Murah dengan 11 Promo Alfamart Hari Ini 3 Agustus 2020, Super Monday hingga Hajatan Gopay

Prosesi pecaruan yang dipuput oleh para sulinggih, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan bersama Asisten I, I Nengah Ledang, Camat Negara I Wayan Andhy Anjasmara serta Perbekel, I Made Bagiarta dan Bendesa Kaliakah Kangin, I Putu Suarka dipusatkan di Catus Pata desa setempat.

Wakil Bupati, I Made Kembang Hartawan, mengapresiasi kepada warga masyarakat dusun Munduk desa Kaliah.

Pasalnya, selama menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing senantiasa taat dan mematuhi protokol kesehatan, yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami sangat bangga kepada seluruh warga masyarakat dusun Munduk ini. Selama menjalani karantina mandiri di rumah senantiasa sangat disiplin. Sehinngga hasilnya sangat memuaskan dimana sampai saat ini tidak ada lagi warganya yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan, kita (Jembrana) mendapat predikat terbaik di Indonesia dalam penanganan Covid-19 ini,” ucapnya.

Kembang mengaku, sebagai umat Hindu Bali, memang selain menjalankan penanganan secara sekala atau penerapan protokol kesehatan dan penanganan Covid-19.

Pemerintah juga mengapresiasi masyarakat dusun Munduk dalam penanganan Covid-19 yang dilakukan secara niskala.

Halaman
12
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved