Breaking News:

Pemkab Klungkung Harap Gubernur Kawal Usulan Pembangunan Jembatan Pulau Lembongan-Ceningan

Pemkab Klungkung terus berupaya untuk mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat agar bisa dibangun jembatan yang representatif di lokasi tersebut.

Istimewa
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan jajarannya ketika meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan Nusa Ceningan-Lembongan, Nusa Penida, Selasa (11/8/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Jembatan yang menghubungkan Pulau Ceningan dan Pulau Lembongan di Nusa Penida selama ini tidak dapat dilalui kendaraan roda 4.

Dengan kondisi ini, Pemkab Klungkung terus berupaya untuk mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat agar bisa dibangun jembatan yang representatif di lokasi tersebut.

 Apalagi saat ini Pelabuhan Bias Munjul yang menjadi bagian dari Pebauhan Segitiga emas dibangun di Nusa Ceningan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, dengan dibangunnya Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, akan  berdampak pada meningkatnya mobilisasi kendaraan ke pulau Ceningan dan Pulau Lembongan.

Besok, Kementerian PUPR Laksanakan Peletakan Batu Pertama Proyek Bendungan Tamblang di Buleleng

Ruangan Isolasi di RSUD Klungkung Penuh,Tenaga Medis Positif Covid-19 Dititip Sementara di Ruang VIP

Ditemukan Ada Joki PPDP Saat Coklit, KPU Badung Pastikan Prosesnya Akan Diulang dan Sesuai Prosedur

Untuk mendukung dibangunnya pelabuhan itu, diperlukan infrastruktur jembatan yang lebih besar yang menghubungkan Nusa Ceningan-Nusa Lembongan.

"Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman  untuk segera menyiapkan segala keperluan usulan jembatan ini.

Misal memastikan status aset lahan yang digunakan, dan  mematangkan perencanaan pembangunan jembatan ini," ungkap Suwirta.

Suwirta juga menugaskan perangkat Desa Dinas maupun Adat, untuk segera menginventarisir lahan  yang akan digunakan dalam pembuatan jembatan tersebut.

“Pemkab dalam hal ini akan berusaha secara maksimal, dalam pembuatan jembatan ini.

Agar tidak sampai mengenai tanah dengan status milik masyarakat di Nusa Ceningan maupun Lembongan,” ujarnya.

 Suwirta menambahkan, setelah usulan selesai dibuat, akan diajukan ke Gubernur Bali dengan harapan usulan tersebut dapat dikawal dan direalisasikan oleh pemerintah pusat.

 Dengan adanya jembatan yang baru ini,  Suwirta berharap dapat mengoptimalkan keberadaan Pelabuhan Bias Munjul dan lalu lintas menjadi lancar, baik bagi pengguna roda dua maupun roda empat yang datang berkunjung ke Pulau Ceningan maupun Pulau Lembongan.

“Harapan kami setelah usulan selesai dibuat akan diajukan ke Provinsi untuk dapat dikawal oleh Bapak Gubernur dan bisa segera direalisasikan oleh Pemerintah Pusat,” harap Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung Anak Agung Lesmana menyatakan peninjauan ini dilakukan untuk mematangkan rencana Pemkab Klungkung umembuat jembatan baru yang bisa dilalui kendaraan roda empat yang  menghubungkan Pulau Nusa Ceningan dengan Nusa Lembongan.

BPD Bali Terus Dukung Sektor Pertanian dan UMKM

Bocah Indra Alami Kejadian Mistis, Kelaminnya Disunat Genderuwo, Lihat Sosok Bawah Gunting

Pengen Masak Ayam Goreng Tepung McDonalds di Rumah, Ini Rahasia Resep dan Cara Membuatnya

" Jembatan ini nantinya akan digunakan sebagai konektivitas dengan pelabuhan yang dibangun di Bias Munjul," jelas Agung Lesmana. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved