Hari ini, Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Diperlihatkan Saat Upacara HUT ke-75 RI di Istana Negara

Dokumen tersebut rencananya akan diletakkan di mimbar kehormatan, yang terletak di halaman Istana Merdeka, saat upacara berlangsung.

Istimewa
Hari ini akan ditampakkan teks asli Proklamasi yang dibuat Presiden Soekarno, Senin (17/8/2020) 

TRIBUN-BALI.COM - Hari ini, naskah asli teks proklamasi yang ditulis langsung oleh bapak proklamator Indonesia, Soekarno sekaligus Presiden RI pertama akan ditampilkan dalam upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Senin (17/8/2020)

Dokumen tersebut rencananya akan diletakkan di mimbar kehormatan, yang terletak di halaman Istana Merdeka, saat upacara berlangsung.

Penyerahan dokumen dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Sekretariat Presiden dilakukan di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020).

"ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," ujar Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, melalui keterangan tertulis, Minggu.

Meriahkan HUT ke-75 RI, Sriwijaya Air Berikan Promo ‘Merdeka Deals’

Komentari Insiden Mengerikan di MotoGP Austria, Murid Rossi Ini Sebut Johann Zarco Setengah Pembunuh

Peringati Kemerdekaan RI ke-75, Grand Istana Rama Hotel Gelar Aksi Sosial dan Gowes Bareng

Naskah yang sebelumnya disimpan di depot penyimpanan arsip statis ANRI kemudian dibawa menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.

Nantinya, setelah upacara berlangsung, dokumen akan dikembalikan kepada ANRI.

“Insya Allah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda,” imbuh Rika.

Sebagai informasi, dari catatan sejarah, dokumen tersebut diselamatkan dan disimpan oleh tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah.

Naskah kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua RI Soeharto, yang meneruskannya kepada Menteri Sekretaris Negara periode 1988-1998, Moerdiono.

ANRI kemudian menyimpan naskah tersebut sejak diterima dari Moerdiono di tahun 1992.

Sejarah Kemerdekaan RI

Sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia tentunya tidak diperoleh dengan cara yang mudah. Banyak peristiwa-peristiwa penting yang menjadi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dengan kata lain, mungkin kemerdekaan Indonesia tidak akan tercapai apabila beberapa peristiwa tersebut tidak terjadi. Berikut beberapa peristiwa-peristiwa penting yang terjadi hingga terjadinya kemerdekaan Indonesia.

Duet Rai Iswara-Ngurah Ambara di Pilkada Denpasar 2020 Sedang Dikaji DPP Golkar

Asita Harapkan Rencana Bali Terima Wisman Tetap Direalisasikan

Arti Mimpi Bercinta dengan Mantan Kekasih, Bukan Pertanda Rindu, Ini yang Sebenarnya Kamu Rasakan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved